pnpmUsaha pemerintah dalam mengembangkan sektor pariwisata sebagai tulang punggung perekonomian di Indonesia terus gencar dilakukan , salah satunya adalah melalui pemberian bantuan dana PNPM Mandiri Pariwisata kepada desa . tentu saja tidak semua desa di Indonesia bisa mendapatkan bantuan ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi desa. Desa tersebut harus memiliki potensi pariwisata dan sudah dikunjungi wisatawan serta terdapat masyarakat miskin yang tinggal di desa tersebut.

Di Kabupaten Banjarnegara terdapat 3 desa yang mendapatkan bantuan dana PNPM Mandiri Pariwisata ini ; yakni Desa Dieng Kulon, Desa Karang Tengah dan Desa Kepakisan yang semuanya terletak di Kecamatan Batur banjarnegara

Masyarakat yang berada di ketiga desa wisata tersebut kini lebih memahami makna Sadar Wisata dan Sapta Pesona. Kemudian, program yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2010 lalu, membuat geliat ekonomi rakyat semakin menunjukkan peningkatan.

Tanggal 14 Juni 2011 kemarin Gedung Pertemuan soeharto-Whitlem mnjadi saksi selesainya kegiatan pnpm mandiri di ketiga desa, yang ditandai dengan penyerahan secara simbolis fasilitasi PNPM mandiri pariwisata kepada Penerima manfaat PNPM Mandiri oariwisata. Dana yang diterima telah dimanfaatkan untuk pemberdayaan ekonomi rakyat melalui sektor pariwisata, yang antara lain dipergunakan untuk fasilitasi alat dan perlengkapan kesenian tradisional, sarana homestay, sarana pariwisata berupa becak air, perahu tempel, kereta kelinci. sarana kuliner, sarana dan prasarana pemandu wisata; yang kesemuanya merupakan pendukung daya tarik wisata di Dataran Tinggi Dieng.

Dalam arahannya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata , Drs. Suyatno.M.Hum menyampaikan bahwa sasaran kegiatan PNPM Mandiri pariwisata ini adalah untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sehingga beliau menghimbau agar kegiatan PNPM Mandiri pariwisata ini melibatkan semua komponen masyarakat, karena semakin banyak anggota semakin banyak manfaat yang diperoleh oleh masyarakat.


2 responses to “3 DESA WISATA KABUPATEN BANJARNEGARA BERKEMBANG PESAT BERKAT PNPM MANDIRI PARIWISATA”

  1. pmp pdu says:

    I really like this blog. it is amazing.

  2. Nany says:

    I think other web site proprietors solhud take this website as an model, very clean and excellent user genial style and design, let alone the content. You are an expert in this topic!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Wisata ini ditulis pada 16 June 2011 oleh admin

Recent Comments

Chaerudin: semoga pariwisata tetap jalan pandemik cepat berla...
Younie: Saya puji nur Wachyuni ALamat Penaraban, Karangsar...
Niat: Nanya dong.... Kapan Feskola Klampok di adakan la...
Tourwiz: Sukseskan terus acara DCF ini ,Sukset buat pariwis...
Fitriaanggiani: Mahaira dukung tante dini no 24..semangat ya...
Yudi Subiyanto, ST.: Don't give up, mrs Dini...
Novyandha: Nomer 2 semoga dilancarkan...
Puspo Ery: Nomer 12 Leony....yesss....go go gooo...... 💪...
Eva karlina: No. 2 donkkkk....syantickkkk yurisadensi...
Juarti: Andi@29.....kita dukung kamu...semangat utk jadi j...

Statistik Pengunjung

  • 2596411Total halaman dikunjungi:
  • 555Halaman dikunjungi hari ini:
  • 694Halaman dikunjungi kemarin:
  • 1422912Total Pengunjung:
  • 321Pengunjung hari ini:
  • 477Pengunjung kemarin:
  • 4Pengunjung online:
  • January 1, 2019Statistik terhitung sejak: