Macapat Malam Selasa WageSeni macapat merupakan warisan leluhur nenek moyang yang harus dilestarikan. Didalam tembangnya mengandung falsafah hidup sebagai sauri toladan. Dalam perkembangaanya seni macapat jarang sekali ditampilkan. Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjarnegara mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap kelestarian kesenian macapat.

Dan salah satu wujud pelestarian seni macapat, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjarnegara menggelar Pentas Macapat Tiap Malam Selasa Wage.
Pada Tanggal 10 Maret 2014 Pukul 20.00 WIB, bertempat diRumah Dinas Wakil Bupati Banjarnegara, telah diselenggarakan Pentas Macapat Malam Selasa Wage dengan menampilkan group kesenian macapat Kecamatan Banjarmangu. Group Kesenian Macapat yang dipimpin oleh Bapak Kasum, menampilkan tembang tembang macapat yang menjadi favorit para tamu undangan. Hal ini terlihat jelas antusiasme para tamu undangan mengikuti acara tersebut dengan ikut menembangkan setiap lagu yang dimainkan.
Acara tersebut mendapat apresiasi yang tinggi dari Wakil Bupati Banjarnegara Drs. Hadi Supeno, M.Si dan Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Banjarnegara Otong Tjundaroso. Dan untuk lebih menggiatkan kesenian macapat pada setiap malam selasa wage akan diselenggarakan Pentas Macapat dengan menampilkan group dari kecamatan yang berbeda. Harapannya kedepan Kabupaten Banjarnegara meruapakan salah satu Kabupaten yang kaya akan seni macapat dan dapat menginspirasi daerah lain untuk ikut menjaga dan melestarikan kesenian tradisonal warisan leluhur.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Kategori : budaya
Keyword :


Statistik Pengunjung

  • 1885165Total halaman dikunjungi:
  • 52Halaman dikunjungi hari ini:
  • 383Halaman dikunjungi kemarin:
  • 947522Total Pengunjung:
  • 32Pengunjung hari ini:
  • 167Pengunjung kemarin:
  • 2Pengunjung online:
  • January 1, 2019Statistik terhitung sejak: