'gobyog goyank gayeng'Pegiat seni Banjarnegara, sejak dua pekan terakhir mempersiapkan diri dalam promosi potensi daerah bertajuk Gelar Seni Budaya Kabupaten Banjarnegara di Anjungan Jawa Tengah TMII Jakarta.

Dalam acara yang digelar rutin satu tahun sekali tersebut akan disuguhkan beragam potensi Banjarnegara termasuk pertunjukan kesenian karya Sanggar Raras Irama Banjarnegara.

Ajang Gelar Seni Budaya Kabupaten Banjarnegara akan digelar hari Minggu tanggal 20 April 2014 di Anjungan Jawa Tengah TMII Jakarta rencananya akan dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Banjarnegara serta para pejabat SKPD. Dalam acara tersebut akan digelar pameran beragam potensi Banjarnegara meliputi produk kuliner, batik, dan pertunjukan seni tari dan theater.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjarnegara- Aziz Achmad, S.Sos., acara akan digelar hari minggu pagi direncanakan akan dihadiri sekitar 500 orang meliputi pejabat SKPD, dan warga Banjarnegara di Jakarta. Dalam acara tersebut akan digelar pertunjukan seni budaya Banjarnegara serta pameran hasil industri lokal. “Beragam stand dibuat dalam acara ini, kuliner, pameran industri lokal serta beragam pesona lain yang khas,” katanya.

Untuk pertunjukan seni, kata dia akan digelar Tari Lengganis, Tari Dawet Ayu, Tari Kidung Serayu, Tari Gobyog Jaranan, dan Tari Tenongan.

Dibanding tahun-tahun sebelumnya, acara Gelar Seni Budaya kali ini akan mengambil kemasan yang berbeda. Dengan memaksimalkan lokasi stand tersebar pada Anjungan Jawa Tengah, sehingga diharapkan acara dapat meriah di seluruh Anjungan Jawa Tengah bukan hanya di pendopo seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

LengganisPada Tahun ini untuk pertunjukan seni ada yang menarik, yakni pementasan tari dan teather yang mengambil tajuk ‘Gobyok, Goyank, Gayeng.’ Dalam penampilannya nanti akan melibatkan 20 penari dan 22 penabuh gamelan / tek-tek. Pementasan ini akan mengambil latar masyarakat tepi Sungai Serayu dalam kesehariannya, selain tarian juga akan dibawakan dialog khas Banjarnegara.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Kategori : budaya, Seputar Banjarnegara, Wisata
Keyword : , , , , , , , , , ,


Statistik Pengunjung

  • 1868725Total halaman dikunjungi:
  • 225Halaman dikunjungi hari ini:
  • 385Halaman dikunjungi kemarin:
  • 941534Total Pengunjung:
  • 107Pengunjung hari ini:
  • 196Pengunjung kemarin:
  • 2Pengunjung online:
  • January 1, 2019Statistik terhitung sejak: