Banjarnegara, 13 Juli. Berwisata di pekan lebaran nampaknya sudah menjadi trend di masyarakat kita. Sebagian besar obyek wisata di Indonesia diperkirakan mulai ramai pada Lebaran hari kedua hingga akhir pekan ini. Tips berkutnya untuk berwisata di pekan lebaran :

6. Payung, tabir surya, jaket, topi, dan obat.
Apa saja yang perlu dibawa? Jika Anda ke pegunungan, sepatu yang nyaman dan jaket tentu menjadi barang yang diperlukan.
Sementara ke pantai atau luar ruangan dengan terik matahari, pelembab tabir surya menjadi hal penting, begitupula dengan topi. Bawa saja payung untuk berjaga-jaga jika tiba-tiba hujan. Tikar atau kain untuk alas piknik boleh juga Anda bawa.
Mudah saja memang membeli aneka obat warungan seperti perban luka dan obat antiseptik untuk luka. Namun sebaiknya Anda bawa saja beberapa. Selain itu jangan lupa membawa obat sakit kepala, obat diare, dan balsem atau minyak kayu putih.

7.Pakaian yang cocok.
Sesuaikan pakaian dan alas kaki Anda serta keluarga dengan obyek wisata pilihan. Misalnya wisata di waterpark, sudah pasti Anda harus mengenakan pakaian renang. Sebagian besar waterpark mewajibkan pengunjung yang berenang untuk memakai pakaian renang.
Jangan lupa membawa pakaian ganti dan handuk. Entah karena basah disebabkan permainan yang menggunakan air ataupun basah karena keringat.

8.Bawa uang tunai.
Bawa uang tunai secukupnya. Anda bisa perkirakan kira-kira membutuhkan uang tunai seberapa banyak. Memang, menggunakan kartu debet dan mesin ATM dapat memudahkan Anda.
Hanya saja di obyek wisata yang ramai dikunjungi, antrean ATM pun tak terelakkan. Begitu pula penggunaan kartu kredit. Tidak semua hal bisa menggunakan kartu kredit, contoh saja saat membayar ongkos parkir.
Membawa uang tunai juga bisa membantu Anda untuk tetap berwisata sesuai bujet. Oleh karena itu, perhitungkan kembali pos-pos pengeluaran apa saja yang akan Anda butuhkan.
Misalnya transportasi menuju obyek wisata atau ongkos bensin, tiket masuk obyek wisata. Serta keperluan mendadak selama di obyek wisata, entah untuk membeli mainan, sewa ban, makanan kecil, maupun minuman.
Jangan lupa uang tunai yang dibawa sudah Anda pecahkan ke dalam pecahan kecil. Hal ini untuk memudahkan Anda saat melakukan pembayaran.
Nah, agar aman, distribusikan uang Anda. Jangan taruh semua uang di dompet. Misalnya, sebagian bisa ditaruh di dompet, sebagian lagi di tas.
Distribusikan pula pada anggota keluarga Anda. Contohnya jika berwisata dengan keluarga, sebagian uang bisa diserahkan ke suami, sisanya dipegang sang istri.

9.Bekali si kecil pengetahuan.
Kasus anak yang terpisah dengan orang tua di tengah keramaian suatu obyek wisata, merupakan peristiwa yang kerap terjadi. Bekali anak Anda apa saja yang harus ia lakukan jika terpisah dengan Anda.
Biasakan si kecil mengetahui nama orang tua, namanya sendiri, dan alamat serta nomor telepon. Bila perlu, tulis saja di kertas dan berikan pada anak Anda untuk selalu dibawa-bawa. Katakan pula pada si kecil untuk mencari petugas keamanan jika merasa tersesat dan terpisah dengan Anda.
Selain itu, saat tiba di suatu obyek wisata, langsung tentukan tempat berkumpul jika anggota keluarga tak sengaja terpisah, misalnya di pusat informasi ataupun kantor petugas keamanan.

10.Utamakan keamanan dan kenyamanan. J
angan memaksakan diri untuk tetap berwisata ke suatu obyek wisata jika Anda merasa situasi keamanan yang tak memadai. Contohnya, akses jalan yang tak bagus menuju obyek wisata.
Bisa juga jika Anda merasa pengunjung begitu padat dan ramai, hingga membuat anak Anda merasa tak nyaman, maka tak perlu memaksakan diri untuk tetap berada di tempat tersebut. Bagaimanapun tujuan Anda dan keluarga adalah untuk bersenang-senang dan menikmati liburan.
Selamat berwisata…!!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Wisata ini ditulis pada 13 July 2015 oleh wied

Recent Comments

Tourwiz: Sukseskan terus acara DCF ini ,Sukset buat pariwis...
Fitriaanggiani: Mahaira dukung tante dini no 24..semangat ya...
Yudi Subiyanto, ST.: Don't give up, mrs Dini...
Novyandha: Nomer 2 semoga dilancarkan...
Puspo Ery: Nomer 12 Leony....yesss....go go gooo...... 💪...
Eva karlina: No. 2 donkkkk....syantickkkk yurisadensi...
Juarti: Andi@29.....kita dukung kamu...semangat utk jadi j...
wiwisisca: Vote no 18. Rahma.... Selamat, semoga succes mba R...
Setya Amrih Prasaja: No. 11 mawon...
Eko Kristiawan: 24. Dini... We always support you. Good luck! Alla...

Statistik Pengunjung

  • 2217930Total halaman dikunjungi:
  • 339Halaman dikunjungi hari ini:
  • 379Halaman dikunjungi kemarin:
  • 1190005Total Pengunjung:
  • 232Pengunjung hari ini:
  • 254Pengunjung kemarin:
  • 2Pengunjung online:
  • July 20, 2011Statistik terhitung sejak: