PLESIRAN 6/4/2017: Ribuan masyarakat mengikuti kirab budaya menelusuri jalan menuju tempat wisata Curug Plethuk, di Desa Wisata Pesangkalan Banjarnegara, ratusan wisatawan yang hadir ikut aktif dalam kegiatan Budaya yang dikemas apik dalam bentuk “ SOWAN NGALAS”.

Rama Salim selaku sesepuh Desa berada di barisan paling depan sebagai Cucuk Lampah memimpin Kirab budaya yang dikawal sejumlah prajurit Alas Pesangkalan dan diikuti seluruh tokoh masyarakat dan ratusan wisatawan yang  dengan tertib menelusuri jalan berundak, penuh khusyu seakan memohon pada Sang Pencipta untuk kemakmuran dan kesahajaan Bumi Pertiwi.

Dibawah Curug ( air terjun berundak ) Panorama Alam yang memanjakan mata wisatawan terstruktur alami dan masih perawan tempat wisata Curug Plethuk berada, prosesi jamas pusaka piandel Desa Wisata Pesangkalan dalam bentuk Budaya Sowan Ngalas dilaksanakan. Pusaka Tombak Ronggo Jati salah satu  diantara  puluhan pusaka dipercaya sebagai pusaka ritual pelantar penerang hujan dijamas secara khusus dibawah gemuruh air Curug Plethuk alas Pesangkalan.

Beberapa saat kemudian setelah usai jamas pusaka, masyarakat dan puluhan wisatawan mengikuti tradisi padusan menikmati sejuknya air Curug Plethuk, semua beramai ramai bersuci diri sekaligus berniat menyambut datang bulan suci ramadhan. Oleh sebagian masyarakat mandi air Curug Plethuk selain segar dan menyehatkan karena kandungan mineralnya yang tinggi juga dipercaya bisa membuat awet muda.

Usai melakukan jamas pusaka dan tradisi padusan seluruh masyarakat tanpa terkecuali dan wisatawan harus membaur untuk mengikuti pesta tumpeng ingkung alas yang jumlahnya puluhan. Tumpeng ingkung alas ini sengaja di sajikan gratis untuk seluruh wisatawan dan masyarakat oleh ibu ibu dasa wisma Desa Pesangkalan sebagai wujud syukur atas semua nikmat Alloh SWT, tutur Kepala Desa Pesangkalan Rama Sarmin dalam mengawali makan bersama.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara Bpk, Dwi Suryanto, S.Sos.M.Si, yang ikut mengawal kirab budaya Sowan Ngalas dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa, event budaya Sowan Ngalas ini bukan sekedar kegiatan masyarakat, namun event budaya yang dikemas apik dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan, kami yakin kedepan wisatawan ingin berlama lama berkunjung ke Curug plethuk sembari menikmati hening dan sejuknya alas Desa Wisata Pesangkalan.

Gelaran unik ini yang kemungkinan baru pernah ada di Indonesia, rencana akan kami agendakan sebagai event tahunan di Desa Wisata Pesangkalan Kabupaten Banjarnegara, kedepan gelaran budaya akan kami kemas lebih unik lagi. Tutur Ketua Pokdarwis Simo Agung Kang Fajri, dalam kesempatan yang sama baru dikukuhkan oleh kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara sebelum Prosesi Kirab budaya di berangkatkan. Masih merupakan rangkaian Sowan Ngalas pada malam harinya akan ada Jazz Ngalas (hutan) pemecah hening belantara Pesangkalan. Imbuhnya.dengan penuh bangga atas suksesnya gelaran budaya Sowan Ngalas yang perdana.( diens-17 )


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


budaya, Seputar Banjarnegara, Wisata ini ditulis pada 08 May 2017 oleh Anjar Steviani

Recent Comments

Minkmink: Selamat buat kakang Erik & mbekayu Windy yang ...
OSIS SMK Panca Bhakti: Selamat Ya Erik......
Andien: No 33 semangat 👐...
madiyono: Elsa mantap...
Arifah: No 16...
Etikawati Setiyaningrum: No 48...
Rahma: Vote no 16 Dhini...
Rohyat: Semangat ya mas ... Kami doakan semoga menang no. ...
arum puspita dewi: no 48 niken...
arum puspita dewi: Vote no 48 niken...

Statistik Pengunjung

  • 1968382Total halaman dikunjungi:
  • 369Halaman dikunjungi hari ini:
  • 401Halaman dikunjungi kemarin:
  • 1040820Total Pengunjung:
  • 242Pengunjung hari ini:
  • 247Pengunjung kemarin:
  • 1Pengunjung online:
  • July 20, 2011Statistik terhitung sejak: