Pemuda Kaliajir Kembangkan Desa Wisata

BANJARNEGARA, SATELITPOS – Desa Kaliajir, kecamatan Purwanegara merupakan satu desa yang selalu menjadi langganan kekeringan di wilayah Kabupaten Banjarnegara. Namun siapa sangka, desa ini memiliki bukit yang indah dan dapat melihat Kota Banjarnegara hingga laut selatan.

Bukit Icika para pemuda desa menamakan bukit terjal dan kaya akan potensi psir putih tersebut. Sadar akan kerusakan yang ditimbulkan penambang pasir diwilayah tersebut, warga desa kini mengubahnya menjadi tempat wisata alam yang indah.

“Awalnya kita perhatiin dengan kondisi jalan yang selalu rusak akibat tambang pasir putih. Bahkan, dari penambangan tersebut menjadikan lahan gundul. Mungkin ini satu penyebab wilayah kami sering dilandakekeringan,” kata Kepala Desa Kaliajir Zauinal Arifin.

Dengan kondisi tersebut warga mulai mengubah bukit yang indah tersebuut sebagai wisata alam. Selain memiliki udara yang sejuk, lokasi tersebut juga sangat cocok untuk tempat wisata. Ketinggian bukit ternyata menyuguhkan keindahan alam yang sangat luarbiasa. Dari atas bukit, selain dapat menikmati matahari terbit dan tenggelam, wisatawan juga dapat melihat langsung laut selatan dari atas bukit.

Tidak hanya itu, atas bukit, pengunjung juga dapat melihat lahan gersang dan lahan hijau. Lahan gersang berada di sisikanan puncak bukit akibat penambangan, sementara lahan subur adalah lahan perhutani yang berda di sisi kiri bikit. “ Ini adalah nilai edukasinya, pengunjung dapat membandingkan sendiri akibat penambangan dan lahan subur yang indah,” ujarnya.

Meski masih terkesan sederhana, bukit Icika uini sudah cukup untuk memanjakan mata wisatawan. Keindahan alama dapat dilokasi sangat memanjakan mata. Pembenahan diberbagai sisi juga mulai dilakukan pemuda desa setempat. “Kami ingin lokasi ini sebagai wisata, dan kami juga akan mengembangkan desa kami sebagai desa wisata sekaligus ikut merawat dan melestarikan alam kami,” katanya.

Ia mengakatan, meski belum banyak diketahui khalayak keberadaan bukit Icika ini bisa menjadi alternative bagi masyarakat yang ingin menikmati liburan. Ke depan pemuda desa juga akan mengembangkan lokasi tersebut menjadi river camp. “ Kami terus melakukan pembenahan, kendala yang terjadi saat ini adalah akses jalan dari desa menuju lokasi yang saat ini mengalami kerusakan cukup parah,” ujarnya.

Nur Amin, seorang wisatawan asal Banjarnegara mengaku puas setelah berada dipuncak bukit, kondisi jalan yang terjal terbayar lunas setelah mencapai puncak bukit. Selai  keindahan alam dia juga mengaku dapat melihat secara langsung perbandingan alam yang ruak dan hijau.

“ Kendalanya Cuma pada akses jalan, kalau lokasi sudah cukup nyaman, dan hanya butuh beberapa sentuhan sedikit,” ujarnya.(lil)

 

 

 

 

Sumber : SATELIT POST

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Seputar Banjarnegara, Wisata ini ditulis pada 21 June 2017 oleh wied

Recent Comments

Tourwiz: Sukseskan terus acara DCF ini ,Sukset buat pariwis...
Fitriaanggiani: Mahaira dukung tante dini no 24..semangat ya...
Yudi Subiyanto, ST.: Don't give up, mrs Dini...
Novyandha: Nomer 2 semoga dilancarkan...
Puspo Ery: Nomer 12 Leony....yesss....go go gooo...... 💪...
Eva karlina: No. 2 donkkkk....syantickkkk yurisadensi...
Juarti: Andi@29.....kita dukung kamu...semangat utk jadi j...
wiwisisca: Vote no 18. Rahma.... Selamat, semoga succes mba R...
Setya Amrih Prasaja: No. 11 mawon...
Eko Kristiawan: 24. Dini... We always support you. Good luck! Alla...

Statistik Pengunjung

  • 2195166Total halaman dikunjungi:
  • 225Halaman dikunjungi hari ini:
  • 359Halaman dikunjungi kemarin:
  • 1175597Total Pengunjung:
  • 155Pengunjung hari ini:
  • 237Pengunjung kemarin:
  • 1Pengunjung online:
  • July 20, 2011Statistik terhitung sejak: