parak iwak

Banjarnegara, 27 /8/2017  ribuan warga tumpah ruah memenuhi Sungai Serayu di Banjarnegara, Jawa Tengah.  Semua berkumpul untuk mengikuti tradisi berebut ikan yang dikenal dengan  nama  tradisi parak iwak. Diperkirakan ada 5.000 orang masuk sungai tersebut untuk mengambil ikan.

Tradisi Parak Iwak diawali dengan pengambilan bibit ikan dari 7 mata air di Kawasan Dataran Tinggi Dieng , sehari sebelumnya.  Bibit ikan ini kemudian ditebarkan ke Sungai Serayu pada puncak acara Parak Iwak  di  Sungai Serayu – Kutayasa Kec. Madukara. Bupati Banjarnegara, Budi Sarwono mengatakan bahwa pesan yang disampaikan dalam  tradisi  Parak Iwak ini adalah agar warga Banjarnegara ikut berperan dalam  menjaga kelestarian Sungai Serayu yang selama ini menjadi sumber kehidupan masyarakat sepanjang alirannya.

Menangkap ikan dengan tangan kosong ( Parak iwak) menjadi puncak pesta rakyat  ini, sebagai wujud sukacita warga atas upaya mereka menjaga kelestarian Sungai Serayu.  Sebelumnya, panitia sudah menyebarkan ikan sebanyak2.017 kg , yang terdiri dari ikan nila dan mujair yang merupakan hasil unggulan petani ikan di Banjarnegara.

Ikan ikan  inilah yang kemudian ditangkap warga dengan tangan kosong tanpa bantuan alat jenis apapun.   Ramai dan seru , teriakan dan gelak tawa  sepanjang acara pesta parak iwak.

Selain ditujukan sebagai ajakan untuk melestarikan dan menjaga Sungai Serayu ,  Parak Iwak yang digagas oleh Pemkab Banjarnegara ini diharapkan menjadi daya tarik wisata di Kabupaten yang berada di jantungnya Jawa Tengah ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


Event Wisata Favorit, Seputar Banjarnegara, Wisata ini ditulis pada 28 August 2017 oleh wied

Recent Comments

Minkmink: Selamat buat kakang Erik & mbekayu Windy yang ...
OSIS SMK Panca Bhakti: Selamat Ya Erik......
Andien: No 33 semangat ?...
madiyono: Elsa mantap...
Arifah: No 16...
Etikawati Setiyaningrum: No 48...
Rahma: Vote no 16 Dhini...
Rohyat: Semangat ya mas ... Kami doakan semoga menang no. ...
arum puspita dewi: no 48 niken...
arum puspita dewi: Vote no 48 niken...

Statistik Pengunjung

  • 1980278Total halaman dikunjungi:
  • 149Halaman dikunjungi hari ini:
  • 363Halaman dikunjungi kemarin:
  • 1048161Total Pengunjung:
  • 114Pengunjung hari ini:
  • 228Pengunjung kemarin:
  • 2Pengunjung online:
  • July 20, 2011Statistik terhitung sejak: