Banjarnegara: 25 Agustus 2018, Kirab Panji Lambang Daerah dan Bendera Merah Putih yang di kirab dari Pendopo Mangunyudha Banjarkulon Kecamatan Banjarmangu sebagai prosesi napak tilas perpindahan Pemerintahan Lama menuju tempat Pemerintahan baru Kabupaten Banjarnegara ( Pendopo Dipayuda Adhi Graha) oleh Tumenggung Dipoyudo 187 Tahun yang lalu. Prosesi kirab Panji Lambang Daerah dan Bendera merah Putih oleh Bupati Budhi Sarwono dan Wakil Bupati Syamsudin diikuti oleh Anggota Forkompinda, Ketua, Wakil Ketua dan segenap Anggota DPRD juga Seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan utusan Ikabarata (Ikatan Keluarga Banjarnegara di Jakarta semua beserta isteri/suami mendapat sambutan salam hangat dan teriakan teriakan ungkapan kegembiraan dan rasa semangat oleh masyarakat yang berjajar sengaja melihat arak arakan prosesi kirab Panji Lambang Daerah sejauh kurang lebih 15 Km dengan menggunakan iring iringan dokar wisata.

Sesampai di depan gedung DPRD Kab.Banjarnegara Bupati Banjarnegara dan seluruh Rombongan Kirab Panji Lambang Daerah disambut oleh seorang subamanggala, 3 manggala yudha penunggang kuda, ratusan Kepala Desa se Kabupaten Banjarnegara, Kakang Mbekayu Duta Wisata, prajurit pusaka/songsong, Prajurit pengusung Foto/gambar Bupati dan prajurit pengusung tujuh Gunungan (padi, palawija, sayur, buah salak, buah buahan, kueh apem dan Buku).

Rombongan Kirab Panji disambut oleh seribu penari geol dan puluhan ribu masyarakat Banjarnegara yang sangat antusias menunggu dari pagi hari dan sesaat setelah Bupati Banjarnegara memimpin doa dan memberi aba aba “ kanggo masyarakat Banjarnegara kabeh seng tak tresnani ora tak ijir siji lan sijine, kanggo mujudaken rasa syukur maring Gusti Alloh gunungan pitulungan pada di grebeg bareng bareng”. Dengan waktu yang tidak lama tujuh gunungan ludes untuk rebutan masyarakat dan kemudian dilanjutkan dengan pesta rakyat Bupati wakil Bupati bersama masyarakat menikmati sajian kupat pecel yang di sajikan sepanjang jalan A.yani dan jalan Dipayuda.

Rombongan Kirab Panji kembali melanjutkan perjalanan menuju pendopo Dipayudha Adhi Graha sebagai pusat Pemerintahan Kabupaten Banjarnegara dan di disambut gending gending jawa, tari gambyong Banyumasan dan ditempat inilah songsong/payung dan pusaka piandel Kabupaten Banjarnegara disemayamkan.

Pada penghujung prosesi Hari jadi bertempat di Pendopo Dipayudha Adi Graha, Bupati Budhi Sarwono memberikan potongan tumpeng pada sesepuh Kabupaten Banjarnegara Drs.Ir. H. Jasri, MM.MT ( mantan Bupati ke-13) dan H. Sutedjo Slamet Utomo, SH.M.Hum (mantan Bupati ke-14). Yang telah menunggu kehadiran Rombongan Kirab Panji bersama tamu undangan Bupati tetangga ( Banyumas, Cilacap, Purbalingga dan Wonosobo).

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


budaya, Seputar Banjarnegara ini ditulis pada 26 August 2018 oleh adisusatya

Recent Comments

Tourwiz: Sukseskan terus acara DCF ini ,Sukset buat pariwis...
Fitriaanggiani: Mahaira dukung tante dini no 24..semangat ya...
Yudi Subiyanto, ST.: Don't give up, mrs Dini...
Novyandha: Nomer 2 semoga dilancarkan...
Puspo Ery: Nomer 12 Leony....yesss....go go gooo...... 💪...
Eva karlina: No. 2 donkkkk....syantickkkk yurisadensi...
Juarti: Andi@29.....kita dukung kamu...semangat utk jadi j...
wiwisisca: Vote no 18. Rahma.... Selamat, semoga succes mba R...
Setya Amrih Prasaja: No. 11 mawon...
Eko Kristiawan: 24. Dini... We always support you. Good luck! Alla...

Statistik Pengunjung

  • 2186808Total halaman dikunjungi:
  • 265Halaman dikunjungi hari ini:
  • 398Halaman dikunjungi kemarin:
  • 1170212Total Pengunjung:
  • 176Pengunjung hari ini:
  • 266Pengunjung kemarin:
  • 0Pengunjung online:
  • July 20, 2011Statistik terhitung sejak: