Banjarnegara: libur panjang dan cuti lebaran biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia disamping untuk saling silaturahmi juga dimanfaatkan untuk mengunjungi tempat wisata, hal ini akan berpengaruh pada lonjakan pengunjung di obyek wisata seperti halnya Obyek Wisata Dieng Banjarnegara.

Untuk memberikan pelayanan kepada wisatawan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara telah menggelar rapat koordinasi pengamanan pekan lebaran Senin 20 Mei 2019 bertepat di ruang rapat yang dihadiri Lantas Polres Banjarnegara, perwakilan Koramil, Polsek Kecamatan Batur, dan segenap Pejabat Struktural di lingkungan Disparbud.

Dwi Suryanto Kepala Disparbud selaku pimpinan rapat menyampaikan bahwa pada cuti lebaran dan libur panjang 2019 dimungkinkan akan terjadi lonjakan kunjungan wisatawan ke Obyek Wisata Dataran Tinggi Dieng, sehingga maksimalisasi rekayasa Lalu Lintas menjadi sangat penting untuk memberi pelayanan antara lain rasa nyaman dan aman kepada wisatawan, untuk mendukung hal tersebut kami akan melibatkan personil keamanan kurang lebih 133 orang meliputi TNI, POLRI, BPCB, Pam Swakarsa (Banser dan Tengker) juga tenaga medis, imbuhnya.

Dalam rapat dibahas mengenai pos pengamanan yang rencana penempatannya di Komplek Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Musium Kailasa, Telaga Merdada, Sumur Jalatunda, Kawah Candradimuka, Candi Gatotkaca, dan Candi Setiaki. Sedangkan tempat parkir yang dipersiapkan cukup memadai antara lain: Terminal Aswatama, Lapangan parkir Candi Arjuna, Komplek Soeharto Withlam, Musium Kailasa dan Komplek Kawah Sikidang.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Obyek Wisata Banjarnegara, Aryadi Darwanto pada kesempatan yang lain mengatakan, biasanya pada masa libur lebaran terjadi lonjakan pengunjung yang sangat signifikan pada H+3. Pada libur lebaran 2018 lalu, pengunjung mencapai 94ribu orang. Tahun ini diperkirakan mencapai 100ribu pengunjung selama pekan lebaran, biasanya puncak kunjungan pada masa libur lebaran terjadi pada 5-10 hari setelah Hari Lebaran Idul Fitri, puncaknya terjadi sepekan setelah lebaran, imbuhnya.

Bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke berbagai objek Wisata Dieng untuk mengatur perjalanan wisatanya, adapun dari puluhan obyek wisata di Dieng yang menjadi destinasi idola bagi wisatawan adalah komplek Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Musium Kailasa, telaga merdada dan Sumur Jalatunda. (Dien’s-19)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Dieng, Wisata ini ditulis pada 21 May 2019 oleh Anjar Steviani

Recent Comments

Niat: Nanya dong.... Kapan Feskola Klampok di adakan la...
Tourwiz: Sukseskan terus acara DCF ini ,Sukset buat pariwis...
Fitriaanggiani: Mahaira dukung tante dini no 24..semangat ya...
Yudi Subiyanto, ST.: Don't give up, mrs Dini...
Novyandha: Nomer 2 semoga dilancarkan...
Puspo Ery: Nomer 12 Leony....yesss....go go gooo...... 💪...
Eva karlina: No. 2 donkkkk....syantickkkk yurisadensi...
Juarti: Andi@29.....kita dukung kamu...semangat utk jadi j...
wiwisisca: Vote no 18. Rahma.... Selamat, semoga succes mba R...
Setya Amrih Prasaja: No. 11 mawon...

Statistik Pengunjung

  • 2297891Total halaman dikunjungi:
  • 23Halaman dikunjungi hari ini:
  • 302Halaman dikunjungi kemarin:
  • 1239233Total Pengunjung:
  • 21Pengunjung hari ini:
  • 214Pengunjung kemarin:
  • 1Pengunjung online:
  • July 20, 2011Statistik terhitung sejak: