Penetapan Hari Jadi Banjarnegara dalam Perda Kabupaten Banjarnegara merupakan pengakuan sejarah awal lahirnya Kabupaten Banjarnegara. Penetapan Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara dari tanggal 22 Agustus menjadi 26 Februari berdasarkan Perda Kabupaten Nomor 6 tahun 2019 tentang Hari Jadi Banjarnegara

Pada tahun 2020 ini, Kirab Hari Jadi Banjarnegara ke 449 dilaksanakan pada Rabu, 26 Februari 2020 dari terminal induk Banjarnegara menuju Alun-alun Banjarnegara. Kirab hari jadi Kabupaten Banjarnegara ke-449, berlangsung meriah. Sejak pagi masyarakat sudah berjejer rapi sepanjang jalan yang dilalui peserta kirab. Barisan Kirab diawali dengan dari barisan Manggala Yudha, cucuk lampah, pembawa spanduk, penabuh genderan, barisan pembawa pusaka, barisan pembawa tombak prajurit, dan berisan pembawa foto bupati.

Kemudian, menyusul di belakangnya ada kereta yang membawa jajaran forkompimda, barisan duta wisata. Selanjutnya ada barisan dari Instansi Vertikal, OPD, Kecamatan, BUMD,perbankan, dan paguyuban di Banjarnegara. Semua peserta Kirab menampilkan berbagai kesenian dari Banjarnegara. Penutup barisan kirab yaitu tujuh gunungan yang diperebutkan oleh masyarakat. Masyarakat sangat antusias untuk memperebutkan gunungan.Harapannya dengan spirit hari jadi Banjarnegara ke 449 membawa Banjarnegara yang Bermartabat dan Sejahtera.

Usia Kirab Hari Jadi Banjarnegara, acara dilanjutkan dengan penampilan artis ibukota Via Vallen. Penampilan Via Vallen pada rangkaian Hari Jadi Banjarnega ke 449 sangat menghibur masyarakat yang datang dengan membawakan lima buah lagu. Pengunjung yang datang, tidak hanya dari Banjarnegara namun juga dari Wonosobo, Purwokerto, Purbalingga, Kebumen dan Purworejo.

Selain itu, hari Kamis, 27 Februari 2020 malam di Alun-Alun Banjarnegara digelar acara Ngaji Bareng Gus Miftah, masih dalam Kemeriahan Hari Jadi Banjarnegara ke 449, suasan hujan tidak menyurutkan warga Banjarnegara berbondong-bondong mengikut pengajian bareng Gus Miftah.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


budaya, Seputar Banjarnegara ini ditulis pada 29 February 2020 oleh Anjar Steviani

Recent Comments

Niat: Nanya dong.... Kapan Feskola Klampok di adakan la...
Tourwiz: Sukseskan terus acara DCF ini ,Sukset buat pariwis...
Fitriaanggiani: Mahaira dukung tante dini no 24..semangat ya...
Yudi Subiyanto, ST.: Don't give up, mrs Dini...
Novyandha: Nomer 2 semoga dilancarkan...
Puspo Ery: Nomer 12 Leony....yesss....go go gooo...... 💪...
Eva karlina: No. 2 donkkkk....syantickkkk yurisadensi...
Juarti: Andi@29.....kita dukung kamu...semangat utk jadi j...
wiwisisca: Vote no 18. Rahma.... Selamat, semoga succes mba R...
Setya Amrih Prasaja: No. 11 mawon...

Statistik Pengunjung

  • 2419929Total halaman dikunjungi:
  • 34Halaman dikunjungi hari ini:
  • 219Halaman dikunjungi kemarin:
  • 1311350Total Pengunjung:
  • 28Pengunjung hari ini:
  • 149Pengunjung kemarin:
  • 5Pengunjung online:
  • January 1, 2019Statistik terhitung sejak: