Pariwisata : Guna memperoleh informasi tentang efektifitas protokol kesehatan pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan dampak pandemik covid -19 terhadap sektor pariwisata Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah melakukan kunjungan kerja di Destinasi Dieng Banjarnegara, Rabu 27 Januari 2021


Pertemuan kunjungan kerja di laksanakan di Pendopo Soeharto Withlam
komplek Candi Arjuna Dieng Banjarnegara diterima oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Banjarnegara (Drs.Agung Yusianto, M.Si), Kepala Bidang Pemasaran Disparbud Kab.Banjarnegara(SS,Anggorowati, S.Sos) dan Kepala Bidang Destinasi Disparbud Kab.Banjarnegara Yosep Handoko, S.Sos. Adapun Tim Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah antara lain:
1. M. Ngainirrichad, SH. MM (sekretaris Komisi).
2. Hj. Peny Dyah Purwitasari, S.Soos
3. Juli Kristianto
4. H. Syarif Abdillah, S.Pdi
5. H. Abu Hapsin Al Muktafa
6. David Ishaq Aryadi, SE.MM
7. Imam Tehuh Purnomo, SE. AKT
8. Sofwan Sumadi


Hadir juga Hendrawan Kasi Pengembangan Destinasi mewakili Kadisporapar Prov Jateng dan Ketua Pokdarwis Dieng Pandawa Alif Faozy. Drs. Agung Yusianto, M.Si dalam sambutan selamat datang dan menyampaikan terkaitdengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) “Obyek Candi Arjuna, wisata air dan hiburan atau karaoke tetap tutup namun untuk wisata alam tetap dibuka dengan pemberlakuan pembatasaan jam kunjungan pukul tujuh sampai empat sore, dan pembatasan pengunjung 30% dari hari normal.
Wabah pandemik covid-19 berdampak pada penurunan angka kunjungan wisatawan di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng, untuk wisatawan Nusantara turun 34 % dan wisatawan mancanegara turun 77 % dari tahun sebelumnya hal ini berpengaruh pada stabilitas ekonomi masyarakat juga Pendapatan Asli Daerah dari sektor
pariwisata”. Jelasnya.

Agung juga menjelaskan terkait kebijakan Bupati Banjarnegara dalam hal
peningkatan aksesbilitas menuju Dieng melewati jalur Singomerto, Pagentan dan Pejawaran akan menghemat jarak tempuh sekitar 7 km, hal ini guna menangkap peluang banjirnya wisatawan dari arah barat dengan dibukanya Bandara Soedirman di wilayah Kabupaten Purbalingga.

Sekretaris Komisi selaku pimpinan rombongan M. Ngainirrichad menekankan perlunya dibuka kerjasama sinergitas dan membuka diri dalam menggiatkan wisata perbatasan antara Banjarnegara dan Batang, karena akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Dalam kesempatan yang sama Hendrawan Kasi Pengembangan Destinasi
Disporapar Prov Jateng akan mengupayakan membangun kerjasama dengan Kabupaten dan lembaga terkait “ Dieng merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang mempunyai kondisi multi pengelolaan maka Disporapar prov Jateng akan berupaya mengadakan MOU antara Kabupaten Banjarnegara — Kemendikbud –Kemen LH – Kabupaten Wonosobo – Batang dan PT. Dieng Jaya, ke arah single manajemen untuk mempercepat perkembangan dan kemajuan Kawasan Wisata Dieng”. Katanya. (dien’s-21)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Dieng, Seputar Banjarnegara, Wisata ini ditulis pada 28 January 2021 oleh Anjar Steviani

Recent Comments

Niat: Nanya dong.... Kapan Feskola Klampok di adakan la...
Tourwiz: Sukseskan terus acara DCF ini ,Sukset buat pariwis...
Fitriaanggiani: Mahaira dukung tante dini no 24..semangat ya...
Yudi Subiyanto, ST.: Don't give up, mrs Dini...
Novyandha: Nomer 2 semoga dilancarkan...
Puspo Ery: Nomer 12 Leony....yesss....go go gooo...... 💪...
Eva karlina: No. 2 donkkkk....syantickkkk yurisadensi...
Juarti: Andi@29.....kita dukung kamu...semangat utk jadi j...
wiwisisca: Vote no 18. Rahma.... Selamat, semoga succes mba R...
Setya Amrih Prasaja: No. 11 mawon...

Statistik Pengunjung

  • 2517123Total halaman dikunjungi:
  • 468Halaman dikunjungi hari ini:
  • 1108Halaman dikunjungi kemarin:
  • 1368873Total Pengunjung:
  • 303Pengunjung hari ini:
  • 664Pengunjung kemarin:
  • 2Pengunjung online:
  • January 1, 2019Statistik terhitung sejak: