Dieng sebagai tujuan wisata ke dua di Jawa Tengah memiliki banyak Daya tarik wisata dimana secara teritorial wilayah Dieng kurang lebih 80% berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara yang tersohor sebagai Destinasi wisata Dieng Banjarnegara karena udara yang sejuk, indah dan menakjubkan yang bisa dikunjungi wisatawan, antara wisata budaya seperti situs Candi, wisata alam antara lain Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka, Telaga Merdada, Telaga Dringo, Telaga Sewiwi, Sumur Jalatunda dan wisata edukasi Muaeum Kailasa yang menyimpan artevak candi hindu kuno lengkap dengan sinema proses pembuatan candi.

Kabupaten Banjarnegara  yang biasa disebut sebagai kota Dawet Ayu dan kota wisata karena memiliki Daya tarik wisata unggulan (Dieng) dan memiliki obyek wisata Penyangga Dieng yang berada di Desa Wisata, maka tak heran lagi kalau Banjarnegara sebagai Jantung wisatanya Jawa Tengah ‘The Heart of Central Java” sebagai tagline yang menjadi roh semangat dalam membangun Pariwiasata di Banjarnegara.

Pada masa liburan, menjadi momen yang tepat  untuk menghabiskan waktu bersama keluarga bagi mereka yang tidak mudik saat lebaran, namun karena masa pandemik wisatawan harus mematuhi standar protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19, dan mentaati ketentuan – ketentuan pada suatu obyek wisata, seperti halnya pemberlakuan model buka tutup masuk kawasan Kawah Sikidang apabila area parkir sudah penuh maka akan ditutup sementara dan wisatawan diberi kesempatan untuk mengunjungi obyek wisata Dieng zona dua yang tak kalah unik memiliki stori telling ataupun legenda yang cukup menarik.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Banjarnegara Drs. Agung Yusianto, M.Si menyampaikan bahwa masa pandemik ini jumlah kendaraan wisatawan yang masuk Obyek Wisata Kawah Sikidang dibatasi guna mencegah terjadinya kerumunan wisatawan maka diberlakukan buka tutup oleh petugas di pertigaan komplek Candi Bima. wisatawan untuk bersabar dan kami beri kesempatan untuk menikmati obyek wisata zona dua sebelum kembali berkunjung ke Kawah Sikidang. Tuturnya.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala UPT Dieng Banjarnegara Sri Utami, bahwa ini merupakan kesempatan wisatawan untuk menikmati keunikan obyek wisata yang lain di Kawasan Wisata Dieng Banjarnegara khususnya Dieng zona dua yaitu Kawah Candradimuka, Sumur Jalatunda, Telaga Merdada, Telaga Sewiwi dan Telaga Dringo yang jarak tempuhnya lumayan dekat sekitar 5 – 10 km dari obyek wisata zona satu. ujarnya (Dien’s-21)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Kategori : Dieng
Keyword :


Statistik Pengunjung

  • 1872924Total halaman dikunjungi:
  • 138Halaman dikunjungi hari ini:
  • 238Halaman dikunjungi kemarin:
  • 943257Total Pengunjung:
  • 70Pengunjung hari ini:
  • 134Pengunjung kemarin:
  • 7Pengunjung online:
  • January 1, 2019Statistik terhitung sejak: