Hari itu ada kegiatan pesta rakyat yang sudah secara rutin diadakan oleh warga kecamatan Wanayasa. Kegiatan pesta rakyat tersebut bernama Kuduran Budaya dengan agenda puncaknya yaitu Bentang ondol sewu meter.

Wanayasa sendiri merupakan salah satu kacematan yang ada di Kabupaten Banjarnegara. Lokasinya berada di sebelah barat Dataran Tinggi Dieng.

Pesta rakyat Kuduran Budaya merupakan buah dari kreatifitas seniman muda Wanayasa. Kegiatan ini menjadikan ondol sebagai objek utamanya. Ondol sendiri merupakan jajanan tradisional yang dibuat dengan bahan utama singkong. Di beberapa lokasi, jajanan ini disebut juga ondol-ondol atau bola-bola singkong karena bentuknya yang memang bulat seperti bola.

Cara membuat ondol sangat gampang dan praktis. Singkong dikupas kemudian dicuci bersih dan diparut, setelah diparut peras parutan singkong tersebut. Setelah parutan singkong itu agak kering maka dikasih garam dan aduk merata dan menjadi sebuah adonan.

Setelah itu buatlah adonan tadi ke dalam bulatan-bulatan seperti bola. Langkah selanjutnya adalah panaskan wajan yang berisi minyak mendidih dan masukan ondol tadi ke dalamnya. Goreng ondol tersebut sampai kuning keemasan, gunakan api sedang saat menggoreng, agar ondol-ondol tersebut tidak gosong.
Tumpeng nasi jagung

Agar lebih menarik dan ramai sebagai sebuah pesta rakyat, ondol tersebut ditusukkan ke lidi mirip sate. Lalu disambung-sambung dengan dibungkus plastik. Setelah disambung lalu digantung di sebuah tempat yang sudah disiapkan membentang sepanjang jalan raya kecamatan dengan panjang sewu meter atau 1 kilometer.




Recent Comments

Jkb: Semangat teruslah pagak bergerak...
BNA Times: Semoga wisata di banjarnegara semakin maju...
Chaerudin: semoga pariwisata tetap jalan pandemik cepat berla...
Younie: Saya puji nur Wachyuni ALamat Penaraban, Karangsar...
Niat: Nanya dong.... Kapan Feskola Klampok di adakan la...
Tourwiz: Sukseskan terus acara DCF ini ,Sukset buat pariwis...
Fitriaanggiani: Mahaira dukung tante dini no 24..semangat ya...
Yudi Subiyanto, ST.: Don't give up, mrs Dini...
Novyandha: Nomer 2 semoga dilancarkan...
Puspo Ery: Nomer 12 Leony....yesss....go go gooo...... 💪...

Statistik Pengunjung

  • 2632232Total halaman dikunjungi:
  • 124Halaman dikunjungi hari ini:
  • 319Halaman dikunjungi kemarin:
  • 1450432Total Pengunjung:
  • 117Pengunjung hari ini:
  • 253Pengunjung kemarin:
  • 2Pengunjung online:
  • January 1, 2019Statistik terhitung sejak: