Manisan Carica Dieng

 

carica diengpohon

CARICA ,buah yang memiliki nama latin Carica Pubescens ini masuk dalam golongan famili Pepaya. Hanya saja, bertolak belakang dengan Pepaya yang biasa hidup di tempat panas , justru Carica hanya bisa tumbuh ditempat tinggi dengan suhu udara relatif dingin. Oleh karena itu, buah ini banyak tumbuh di Dataran Tinggi Dieng. 

KHASIAT BUAH CARICA

Selama ini Khasiat buah Carica yang diketahui umum adalah kemampuannya membantu memperlancar pencernaan makanan. ternyata, selain itu Carica juga memiliki khasiat lain.beberapa diantaranya;
Carica  banyak mengandung enzim  Papain, yaitu enzim yang berfungsi mempercepat proses pencernaan Protein. Enzim papain dalam buah pepaya mampu mencerna zat sebanyak 35 kali lebih besar dari ukurannya sendiri, itulah kenapa meski kandungan Protein dalam buah Carica tidak terlalu tinggi (4-6 gr) namun hampir selurunya dapat diserap oleh tubuh dan sangat berpengaruh pada produksi hormon pertumbuhan manusia. Bahkan penelitian baru-baru ini menunjukan kandungan Arginin pada buah carica dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker Payudara.

Mungkin ada sebagian dari Anda belum tahu apa sih carica itu? Carica atau pepaya gunung, dengan nama ilmiah Vasconcellea cundinamarcensis adalah salah satu jenis pepaya yang dapat hidup di dataran tinggi basah (1.500-3.000 meter di atas permukaan laut). Di wilayah Wonosobo pepaya gunung ini biasa disebut carica, sedangkan di Bali tanaman ini disebut dengan Gedang Memedi. Daerah asalnya adalah dataran tinggi Andes, Amerika Selatan.

Tanaman pepaya gunung (carica) merupakan pohon kecil atau perdu yang tidak berkayu, mirip dengan pepaya biasa. Tetapi mempunyai cabang yang lebih banyak dan ukuran semua bagian tanaman lebih kecil. Tinggi rata-rata adalah 1-2 meter namun bisa juga lebih tinggi. Buah pepaya gunung ini yang dapat diolah dan dimanfaatkan oleh manusia, diantaranya dapat dijadikan sirup, jus, manisan dan selai. Buah carica cocok dimakan oleh orang yang memiliki perut lemah terhadap buah-buahan karena mempunyai sifat memperbaiki pencernaan. Untuk info lebih lengkapnya, Anda bisa juga baca artikel tentang carica di wikipedia tentang pepaya gunung (carica).

Manisan Buah Carica

Manisan carica merupakan makanan khas dari daerah dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Bahan utama manisan adalah buah carica. Selain rasanya yang enak, segar dan unik, carica juga mengandung kalsium, vitamin A, vitamin B komplek, vitamin C dan vitamin E.

carica dieng

Manfaat Buah Carica

Carica merupakan sumber kalsium yang sangat bermanfaat bagi tulang, baik untuk kekuatan tulang maupun pertumbuhan tulang. Selain itu, carica juga mengandung vitamin yang bervariasi sehingga mempunyai manfaat yang bagus bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Carica juga dapat memperlancar pencernaan karena mengandung minyak atsiri dan merupakan turunan dari asam lemak, mengandung enzim Papain yang merupakan antiseptic bagi usus dan mengandung mineral yang berguna bagi tubuh.

Jika anda berkunjung ke Dieng pastilah mengenal kuliner ini, jadi coba lah dan nikmati lah manisan carica Dieng ini.




Recent Comments

Roman Wijaya: Moment ini yang saya tunggu-tunggu, Horas Banjarne...
Ady Dahlan LPK JAPINKO: Sugeng rawuh... Kabupaten Banjarnegara, Ayo Plesi...
Ady Dahlan Japinko: Semoga Kabupaten Banjarnegara semakin maju dan mem...
Hosting: Dalam paparannya Aster Kasdam IM, menjelaskan tent...
Hosting: Selain fasilitas TV kabel layar datar, kamu juga a...
Dedicated servers: Dieng Kulon masuk Wilayah Kecamatan Batur Kabupate...
Hosting: Kabupaten Banjarnegara terletak di antara 7° 12' ...
Virtual Private Server: Telaga dringo ini adalah tempat wisata di banjarne...
Hosting: Ada juga obyek wisata berupa telaga warna, namun k...
Virtual Private Server: Visit Jawa Tengah 2016 - Yuk Ikut Lomba Blog dan F...

Statistik Pengunjung

  • 1852792Total halaman dikunjungi:
  • 333Halaman dikunjungi hari ini:
  • 1013Halaman dikunjungi kemarin:
  • 963620Total Pengunjung:
  • 214Pengunjung hari ini:
  • 597Pengunjung kemarin:
  • 0Pengunjung online:
  • July 20, 2011Statistik terhitung sejak: