Wedang Uwuh

Nikmat, Segar, dan Menyehatkan

 

Wedang uwuh adalah minuman dengan bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan sampah. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Wedang uwuh disajikan panas atau hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Rasa pedas karena bahan jahe, sedangkan warna merah karena adanya secang. Wedang uwuh ini adalah minuman khas dari Yogyakarta.

Pada awalnya wedang uwuh masih dalam bentuk bahan utuh berupa rempah-rempah asli, namun seiring perkembangan zaman dan kebutuhan akan kepraktisan, saat ini wedang uwuh sudah dikembangkan menjadi dalam bentuk instan, maupun bentuk celup.

Rempah paling khas pada wedang uwuh adalah serutan kayu secang. Rempah inilah yang memerahkan seduhan wedang uwuh. Bahan rempah ini dipercaya memiliki khasiat sebagai antioksidan, memperlancar peredaran darah. dan melegakan pernafasan. Bahan empon-empon kedua yang selalu ada pada racikan resep wedang uwuh adalah jahe. Memberi rasa hangat dan berkhasiat sebagai antikoagulan yang mencegat penyumbatan pembuluh darah, mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah dan hati sehingga kadar kolesterol darah dapat diturunkan.

The Pikas Resto atau sering dikenal dengan PIKASTO merupakan sebuah resto yang terletak di pinggir kali serayu. Resto yang bersanding dengan basecamp arung jeram dan adventure resort ini menjadi tempat yang nyaman untuk berlibur dan bersantai sambil menikmati sajian kuliner khas pinggir kali, dan jangan lupa untuk menikmati minuman ini.




Recent Comments

Raharjo: Congratulation atas motivasi anak2 muda Banjarnega...
Ongkog: Semoga kedepanya Banjanegara pariwisatanya maju um...
jk_bara: Standar Operasional Prosedur, Standar Pelayanan Pu...
Jkb: Semangat teruslah pagak bergerak...
BNA Times: Semoga wisata di banjarnegara semakin maju...
Chaerudin: semoga pariwisata tetap jalan pandemik cepat berla...
Younie: Saya puji nur Wachyuni ALamat Penaraban, Karangsar...
Niat: Nanya dong.... Kapan Feskola Klampok di adakan la...
Tourwiz: Sukseskan terus acara DCF ini ,Sukset buat pariwis...
Fitriaanggiani: Mahaira dukung tante dini no 24..semangat ya...

Statistik Pengunjung

  • 2740479Total halaman dikunjungi:
  • 49Halaman dikunjungi hari ini:
  • 432Halaman dikunjungi kemarin:
  • 1522356Total Pengunjung:
  • 41Pengunjung hari ini:
  • 361Pengunjung kemarin:
  • 7Pengunjung online:
  • January 1, 2019Statistik terhitung sejak: