Beberapa Koleksi Museum Dieng

 

Museum Dieng terletak di sebelah kanan jalan menuju ke Candi Bima. Lokasi tempatnya di sebelah barat laut Candi Gathutkaca. Dalam bangunan tersebut temuan lepas baik yang berasal dari komplek percandian Dieng maupun candi disekitarnya. Terdapat 274 buah benda koleksi yang dipamerkan seperti arca, komponen – komponen bangunan dan prasasti yang umumnya berbahan batu andesit.

Beberapa koleksi yang dapat digambarkan dalam buku ini antara lain:

Kala digambarkan seperti halnya kala yang terdapat di ambang pintu candi – candi Dieng, di atas matanya digambarkan dengan ukiran sulur – suluran dan tanpa rahang bawah.

Arca singa diwujudkan dengan bentuk mulut mengapa sehingga tapak gigi yang tajam. Di atas kepala digambarkan orang dalam posisi duduk bersila. Selain penggambaran dalam bentuk area singa juga digambarkan dalam bentuk relief. Dalam salah satu relief digambarkan dua ekor singa dalam posisi berdiri dengan raut wajah seperti sedang berkelahi. Salah satu koleksi singa lainnya bersikap duduk dengan kedua kaki depan diangkat ke atas.Bentuk sperti ini biasanya ditempatkan di kanan kiri tangga masuk.

Arca Durgamahisasuramardini digambarkan dengan tubuh yang langsing dan tinggi berdiri di atas lembu jantan yang dikalahkan. Lembu sebagai penjelmaan raksasa Mahisasura digambarkan kecil sehingga tampak kurang proporsional.

Nandi yang terdapat di dalam museum Dieng mempunyai keunikan tersendiri yaitu nandi pada umumnya digambarkan sebagai bentuk hewan sapi yang sedang mendekam, namun arca nandi tersebut digambarkan sebagai manusia yang berkepala lembu dalam posisi jongkok. Dewa Siwa digambarkan sedang menaikinya.

Koleksi arca – arca lain berupa dewa – dewa agama Hindu yaitu Siwa, Durga, Agatsya, dan Ganesha serta arca Nandi, arca dewa Siwa dengan saktinya. Selain itu terdapat relief dengan gambar sepasang manusia sedang bermesraan. Panel – panel dengan pahatan bentuk singa, rusa gajah. Satu prasasti disimpan di museum ini.




Recent Comments

Minkmink: Selamat buat kakang Erik & mbekayu Windy yang ...
OSIS SMK Panca Bhakti: Selamat Ya Erik......
Andien: No 33 semangat 👐...
madiyono: Elsa mantap...
Arifah: No 16...
Etikawati Setiyaningrum: No 48...
Rahma: Vote no 16 Dhini...
Rohyat: Semangat ya mas ... Kami doakan semoga menang no. ...
arum puspita dewi: no 48 niken...
arum puspita dewi: Vote no 48 niken...

Statistik Pengunjung

  • 1966467Total halaman dikunjungi:
  • 53Halaman dikunjungi hari ini:
  • 431Halaman dikunjungi kemarin:
  • 1039606Total Pengunjung:
  • 44Pengunjung hari ini:
  • 290Pengunjung kemarin:
  • 0Pengunjung online:
  • July 20, 2011Statistik terhitung sejak: