pnpmUsaha pemerintah dalam mengembangkan sektor pariwisata sebagai tulang punggung perekonomian di Indonesia terus gencar dilakukan , salah satunya adalah melalui pemberian bantuan dana PNPM Mandiri Pariwisata kepada desa . tentu saja tidak semua desa di Indonesia bisa mendapatkan bantuan ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi desa. Desa tersebut harus memiliki potensi pariwisata dan sudah dikunjungi wisatawan serta terdapat masyarakat miskin yang tinggal di desa tersebut.

Di Kabupaten Banjarnegara terdapat 3 desa yang mendapatkan bantuan dana PNPM Mandiri Pariwisata ini ; yakni Desa Dieng Kulon, Desa Karang Tengah dan Desa Kepakisan yang semuanya terletak di Kecamatan Batur banjarnegara

Masyarakat yang berada di ketiga desa wisata tersebut kini lebih memahami makna Sadar Wisata dan Sapta Pesona. Kemudian, program yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2010 lalu, membuat geliat ekonomi rakyat semakin menunjukkan peningkatan.

Tanggal 14 Juni 2011 kemarin Gedung Pertemuan soeharto-Whitlem mnjadi saksi selesainya kegiatan pnpm mandiri di ketiga desa, yang ditandai dengan penyerahan secara simbolis fasilitasi PNPM mandiri pariwisata kepada Penerima manfaat PNPM Mandiri oariwisata. Dana yang diterima telah dimanfaatkan untuk pemberdayaan ekonomi rakyat melalui sektor pariwisata, yang antara lain dipergunakan untuk fasilitasi alat dan perlengkapan kesenian tradisional, sarana homestay, sarana pariwisata berupa becak air, perahu tempel, kereta kelinci. sarana kuliner, sarana dan prasarana pemandu wisata; yang kesemuanya merupakan pendukung daya tarik wisata di Dataran Tinggi Dieng.

Dalam arahannya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata , Drs. Suyatno.M.Hum menyampaikan bahwa sasaran kegiatan PNPM Mandiri pariwisata ini adalah untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sehingga beliau menghimbau agar kegiatan PNPM Mandiri pariwisata ini melibatkan semua komponen masyarakat, karena semakin banyak anggota semakin banyak manfaat yang diperoleh oleh masyarakat.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Kategori : Wisata
Keyword : , ,


Statistik Pengunjung

  • 1670081Total halaman dikunjungi:
  • 172Halaman dikunjungi hari ini:
  • 922Halaman dikunjungi kemarin:
  • 850266Total Pengunjung:
  • 123Pengunjung hari ini:
  • 176Pengunjung kemarin:
  • 0Pengunjung online:
  • January 1, 2019Statistik terhitung sejak: