Dieng Culture FestivalDieng adalah suatu dataran tinggi di Jawa Tengah yang memiliki panorama sangat indah. Kekayaan alam dan seni budaya di Dieng sangatlah beraneka ragam. Dataran Tinggi Dieng sebagian wilayah terletak di Wilayah Kabupaten Banjarnegara. Sebagai bentuk perhatian dari Pemerintah Kabupaten Banjarnegara dalam pembangunan di Dieng terwujud baik dipembangunan fisik dan kepariwisataan. Salah satu event seni budaya untuk menunjang pariwisata Dieng yang digelar adalah Dieng Culture Festival.

Kegiatan yang dilaksanakan antara Pemerintah Daerah Kabupaten Banjarnegara melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjarnegara dengan Kelompok Sadar Wisata Dieng Pandawa Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara pada tahun 2016 ini merupakan kegiatan Dieng Culture Festival yang ke 7 (tujuh).

Pada Dieng Culture Festival VII Tahun 2016 mengambil tema “Soul of Culture” Spirit dalam berkehidupan antara sesama manusia dan dengan alam sekitarnya. Kegiatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 sampai dengan 7 Agustus 2016 ini disamping untuk melestarikan seni budaya juga sebagai promosi potensi pariwisata Kabupaten Banjarnegara. Adapun rencana kegiatan Dieng Culture Festival VII adalah sebagai berikut :

Jumat, 5 Agustus 2016

  1. Upacara Pembukaan
  2. Pagelaran Jazz Atas Awan

Sabtu, 6 Agustus 2016

  1. Melihat Sunrise di Bukit Pangonan
  2. Jalan Sehat Dieng
  3. Pagelaran Seni Tradisi
  4. Pagelaran Wayang Kulit Ruwatan
  5. Akustik Musik, Festival Lampion dan Kembang Api

Minggu, 7 Agustus 2016

  1. Kirab Budaya
  2. Jamasan Anak Gembel
  3. Ritual Cukur Rambut Gembel
  4. Larungan
  5. Pagelaran Seni Budaya.

Puncak Kegiatan Dieng Culture Festival VII pada hari minggu, 7 Agustus 2016 dengan Prosesi Cukur Rambut Gembel. Bagi para wisatawan yang ingin menginap untuk menyaksikan semua rangkaian kegiatan tersebut dapat memanfaatkan Homestay baik yang ada di Desa Dieng Kulon, Kepakisan, Karang tengah dan Pekasiran dengan tarif yang sangat terjangkau.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Kategori : Dieng
Keyword : ,


Statistik Pengunjung

  • 1931971Total halaman dikunjungi:
  • 175Halaman dikunjungi hari ini:
  • 449Halaman dikunjungi kemarin:
  • 965971Total Pengunjung:
  • 82Pengunjung hari ini:
  • 254Pengunjung kemarin:
  • 0Pengunjung online:
  • January 1, 2019Statistik terhitung sejak: