Belakangan ini, mendaki gunung menjadi sebuah aktifitas olahraga yang sedang naik popularitasnya. Sikunir sebagai salah satu gunung di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, saat ini menjadi favorit para pendaki untuk menikmati golden sunrise, dimana hal tersebut dapat menarik minat banyak pendaki baik pendaki yang telah professional maupun pendaki pemula untuk menikmati keindahannya.

Seiring dengan meningkatnya trend golden sunrise tersebut, membuat banyak pendaki – pendaki pemula bermunculan. Tanpa pembekalan pengetahuan dan modal nekat, menjadikan banyaknya kecelakaan – kecelakaan pada saat mendaki.

Untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan saat mendaki, berikut merupakan tips mendaki aman bagi pemula :

  1. Pahami maksud dan tujuan pendakian

Alasan yang dimiliki setiap orang pastilah berbeda dalam mendaki gunung. Pastikan alasan yang kita miliki bersifat positif agar pendakian yang dilakukan dapat bermakna, bermanfaat, dan memberikan pelajaran berharga dalam hidup.

  1. Pelajari situasi dan medan yang akan dilalui saat mendaki gunung

Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai tingkat kesulitan medan yang akan dilalui. Jika tempat tujuan anda memiliki medan yang cukup berat, pertimbangkanlah untuk mencari tujuan alternatif dengan medan yang lebih ramah bagi pendaki pemula. Namun jika anda tetap ngotot ingin menuju ke tujuan awal anda, persiapkanlah diri dengan baik, latihlah fisik anda, persiapkan peralatan pendukung yang berkualitas, dan ajak teman anda yang punya cukup pengalaman mendaki gunung, agar pendakian pertama anda berjalan dengan aman, lancar, dan selamat hingga kembali pulang ke rumah.

  1. Bawa perlengkapan mendaki yang berkualitas

Memang bukanlah harga yang murah untuk membeli perlengkapan mendaki yang berkualitas. Sedikit mengeluarkan uang lebih banyak rasanya pantas saja apabila  melihat fungsi serta manfaat yang akan kita dapatkan saat mendaki, sehingga pendakian pun akan berjalan aman, nyaman, dan lancar.

  1. Lakukan pemanasan dan olah fisik

Ada baiknya melakukan pemanasan sebelum mendaki agar otot – otot tubuh tidak kaget dan mengalami kram, cedera, dan sebagainya.

  1. Hargai dan hormati alam sepanjang jalur pendakian

Ikutilah jalur yang telah tersedia, jangan merusak apapun yang telah ada termasuk pepohonan dan tumbuhan sekitar.

  1. Hindari hewan dan tanaman beracun

Pelajari tanaman-tanaman beracun yang dapat merugikan anda, dan hindari saat sedang melakukan pendakian. Tetap jaga jarak dengan hewan yang berpotensi membahayakan keselamatan anda, hargai mereka, jangan sekali-sekali mengganggunya dengan berusaha untuk tetap menghindar dari bertemu langsung.

  1. Mulailah dengan gunung yang ramah

Sebagai pemula dengan fisik yang belum terlatih, mendaki gunung yang tinggi dengan medan berat sangatlah tidak dianjurkan. Cobalah dengan gunung dengan pendakian ringan sesuai dengan kemampuan fisik.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Kategori : Wisata
Keyword :


Statistik Pengunjung

  • 1872744Total halaman dikunjungi:
  • 196Halaman dikunjungi hari ini:
  • 524Halaman dikunjungi kemarin:
  • 943165Total Pengunjung:
  • 112Pengunjung hari ini:
  • 193Pengunjung kemarin:
  • 0Pengunjung online:
  • January 1, 2019Statistik terhitung sejak: