Rabu, 12 Oktober 2016 bertempat di Gedung Balai Budaya Kabupaten Banjarnegara, Ratusan siswa  SMP yang mewakili 20 Kecamatan sangat antusias bersiap tampil   dalam Acara Festival Dolanan Bocah Tahun 2016, yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Dewan pengamat Festival adalah Sutanto,S.Pd., Turyan,S.Pd dan Kristianto, merupakan  Pengamat Seni di Kabupaten Banjarnegara. Aspek penilaian antara lain : Originalitas, Teknik Permainan dan penampilan.Dalam sambutannya Kadinbudpar Kab. Banjarnegara menegaskan keberadaan Dolanan Bocah yang mulai hilang dimasyarakat untuk dapat dilestarikan  dan dikenalkan kepada anak – anak, cucu – cucu kita saat ini.

Masing – masing kelompok menyajikan Aneka Dolanan Bocah seperti Gobak Sodor, Sluku – Sluku Batok, Jonjang dan lain – lain  . Tabuhan dan tembang yang disajikan mengembalikan ingatan kita pada masa tahun 80 – an.  Pesan yang disampaikan dolanan  antara lain kebersamaan, sportivitas,kejujuran dan lain sebagainya. Tepuk tangan penonton menambah semangat penampilan kelompok penyaji acara ini. Keceriaan dan totalitas penampilan peserta memberikan warna , dan memberikan inspirasi bagi kita untuk terus melestarikan dan menggelorakan kembali Dolanan Bocah di lingkungan kita . Dewan pengamat memutuskan hasil sebagai berikut :

  1. Penampil Terbaik I – Kecamatan Purwanegara
  2. Penmapil Terbaik II – Kecamatan Banjarnegara
  3. Penampil Terbaik III – Kecamatan Mandiraja
  4. Penampil Terbaik IV – Kecamatan Punggelan
  5. Penampil Terbaik V – Kecamatan Susukan
  6. Penampil Terbaik VI – Kecamatan Banjarmangu

Selamat ya……. untuk para pemenang dan bersemangat terus untuk membangkitkan minat Dolanan Bocah dilingkungan kita !!!!!!

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Kategori : budaya, Seputar Banjarnegara
Keyword :


Statistik Pengunjung

  • 1931967Total halaman dikunjungi:
  • 171Halaman dikunjungi hari ini:
  • 449Halaman dikunjungi kemarin:
  • 965970Total Pengunjung:
  • 81Pengunjung hari ini:
  • 254Pengunjung kemarin:
  • 0Pengunjung online:
  • January 1, 2019Statistik terhitung sejak: