BANJARNEGARA: Dieng Culture Festival IX 2018 yang di gelar selama tiga hari oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bekerjasama dengan Pokdarwis Dieng Pandawa mulai tanggal 3 – 5 Agustus 2018 di Dieng Kulon Kabupaten Banjarnegara menyedot ribuan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Berbagai acara gelar seni dan festival antara lain: aksi Dieng Bersih, Kirab Budaya, Harmoni Budaya, Parade Seni Budaya, Festival Domba, Festival Tumpeng, Festival Desa Wisata dan Pameran UMKM, disambut gembira sekaligus sebagai penebus rasa rindu yang telah menunggu selama satu tahun kehadiranya.

Puncak acara Dieng Culture Festival adalah Pencukuran rambut gembel si Bocah Bajang, yang tahun ini berjumlah 12 anak dari wilayah Kabupaten Banjarnegara, Wonosobo, Jawa Barat dan Cikampek, berbagai permintaan atau kudangan (jawa) dari rupa makanan, mainan, sepeda, handpone dan hewan telah di penuhi oleh penyelenggara.

ARAK ARAKAN

12 anak bajang berambut gembel, barang – barang permintaan dan semua sesaji di kirab mulai dari rumah pamengku Adat Mbah Sumanto menuju Komplek Candi Arjuna tempat jamasan dan pencukuran rambut di laksanakan. Adapun jamasan dilaksanakan oleh istri pejabat yang di pimpin oleh Ibu Atiqoh Ganjar Pranowo, Nona Pricilia Ohay (Kapolres Banjarnegara) dan segenap istri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Banjarnegara.

Sedangkan prosesi Ritual Pencukuran rambut gembel si Bocah Bajang di pimpin oleh pamengku Adat Mbah Sumanto dan Mbah Sumaryono satu persatu diikuti oleh Gubernur dan segenap pejabat yang hadir.

Hadir pada puncak acara DCF IX 2018 dari Kementerian Pariwisata (I Ketut Diar Mitha), Gubernur Jawa Tengah (ganjar Pranowo), BPCB Jawa Tengah (Sumardi), Kepala Disporapar Jawa Tengah (Urip Syahbudin), Bupati Wakil Bupati Banjarnegara (Budhi Sarwono – Syamsudin), Sekda Banjarnegara (Indarto), Ketua DPRD Banjarnegara (Nuryanto), Kapolres Banjarnegara (Nona Pricilia Ohay), Ketua Pengadilan Negeri Banjarnegara (Widodo), para Kepala OPD Kabupaten Banjarnegara dan artis Jas dari Tokyo (Hiroaki Kato).

SAMBUTAN GUBERNUR.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebelum melakukan pencukuran menyampaikan sambutan, bahwa event DCF selalu di minati wisatawan baik domestik maupun mancanegara, karena kemasan acaranya menarik dan selalu ada penampilan baru sepert terkolaburasi seni tradisional dan dan modern. “Disampaikan juga dukungan Pemerintah Provinsi akan diupayakan kemudahan akses menuju Dieng dengan melebarkan jalan jalan Provinsi dan akan diselesaikan jalan tembus dari Batang serta menambah lapangan parkir”.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Kategori : Dieng
Keyword :


Statistik Pengunjung

  • 1931962Total halaman dikunjungi:
  • 166Halaman dikunjungi hari ini:
  • 449Halaman dikunjungi kemarin:
  • 965968Total Pengunjung:
  • 79Pengunjung hari ini:
  • 254Pengunjung kemarin:
  • 4Pengunjung online:
  • January 1, 2019Statistik terhitung sejak: