Kalau berkunjung ke Banjarnegara, jangan lupa mampir ke destinasi wisata berikut ini. Dengan view yang luar biasa indah, inilah ragam tempat wisata alam di Banjarnegara paling hit saat ini, mulai yang gratis sampai berbayar, tapi tenang ngga perlu rogoh kocek dalam dalam kok. Nikmati suasana alam dengan pemandangan yang menawan,
mulai dari air terjun, gunung, hingga kawah. Yuk, langsung saja cuss…

 

 

 

1. Curug Mrawu

Bagi kamu yang menyukai aktivitas trekking menantang adrenalin, datanglah ke Curug Mrawu. Meski terasa melelahkan karena harus menempuh jalan kaki lima jam, tetapi usahamu akan terbayar lunas dengan indahnya pemandangan alam yang tersaji di depan mata.

Apalagi selama perjalanan nantinya kamu akan ditemani dengan area hutan dan sawah milik penduduk setempat. Saat tiba di lokasi, kesegaran dan jernihnya air terjun pasti membuatmu tak sabar ingin segera menceburkan diri ke kolam yang berada tepat di bawah air terjun.

Lokasi: Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Jam operasional: 08.00–17.00 WIB.

Harga tiket: gratis.

2. Curug Pundung Sewu

Dalam bahasa Indonesia, kata “pundung” berarti gundukan tanah. Jadi, “pundung sewu” berarti gundukan tanah yang banyak berjumlah seribu. Daya tarik utama Curug Pundung Sewu adalah aliran airnya berwarna kehijau-hijauan dan sangat jernih.

Aliran airnya memang tak terlalu tinggi, tetapi kolam di bagian bawahnya cukup dalam sehingga dapat digunakan untuk berenang. Sementara itu, di bagian samping curug terdapat batu besar. Bagi yang suka aktivitas memacu adrenalin dapat mencoba aktivitas melompat dari atas batu tersebut.

Lokasi: Desa Petir, Kecamatan Purwonegoro, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp5.000.

3. Curug Pletuk

Pesona alam Curug Pletuk masih asri dan alami. Udaranya pun sangat sejuk. Curug Pletuk memiliki aliran air yang deras dan jernih.

Jika dahulu kamu harus menempuh perjalanan sekitar 5-6 jam, saat ini kamu hanya memerlukan waktu 30 menit untuk menuju ke Curug Pletuk. Fasilitas pendukung seperti camp ground, toilet, dan gazebo sudah tersedia.

Jika ingin menikmati keindahan sunset dan sunrise, kamu dapat melakukan treking ke perbukitan di sekitar curug.

Lokasi: Dukuh Pletuk, Pesangkalan, Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp5.000.

4. Waduk Mrica


Waduk Mrica merupakan waduk buatan terbesar di kawasan Asia Tenggara. Didirikannya waduk ini secara khusus bertujuan untuk keperluan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Panglima Besar Sudirman.

Kamu bisa duduk-duduk santai sembari menikmati keindahan pemandangan alam sekitar waduk. Ada juga spot pemancingan buat kamu yang hobi memancing.

Lokasi: Desa Karangjambe, Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: gratis.

 

5. Kawah Sikidang

Bisa dikatakan Kawah Sikidang merupakan Kawah Putihnya Banjarnegara. Menyuguhkan daya tarik utama berupa kawah yang sangat indah, Kawah Sikidang termasuk tempat wisata populer di Banjarnegara yang tak pernah sepi pengunjung.

Kegiatan yang dilakukan wisatawan di sini yakni berjalan-jalan santai menyaksikan kawasan kawah atau berfoto dengan latar belakang alam sekitar.

Lokasi: Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Jam operasional: 07.00–17.00 WIB.

Harga tiket: Rp10 ribu.

6. Curug Pitu

Dalam bahasa Jawa, kata “pitu” berarti tujuh. Air terjun ini dinamakan Curug Pitu, karena aliran airnya memiliki tujuh tingkatan.

Kamu dapat menuju ke setiap tingkatan dengan menggunakan tangga yang telah disediakan oleh pengelola. Air di sini sangat bersih, sehingga kamu dapat mandi atau bermain air sepuasnya.

Lokasi: Desa Sigaluh, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp5.000.

 

7. Telaga Merdada


Telaga Merdada merupakan telaga paling luas di kawasan Dieng. Telaga ini diyakini sebagai kawasan kaldera bekas letusan gunung berapi yang digenangi air.

Telaga Merdada dikelilingi area pertanian milik penduduk setempat. Saat mengunjungi telaga ini di siang hari kamu dapat menikmati keindahan alam sembari melihat langsung aktivitas para petani sedang bercocok tanam. Jangan lupakan juga kegiatan menjelajahi kawasan telaga menggunakan kayak.

Lokasi: Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Jam operasional: 07.00–16.00 WIB.

Harga tiket: Rp25 ribu.

 

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Kategori : Objek Wisata Favorit, Trending Topic, Wisata
Keyword : , , , , ,


Statistik Pengunjung

  • 1616915Total halaman dikunjungi:
  • 111Halaman dikunjungi hari ini:
  • 360Halaman dikunjungi kemarin:
  • 827555Total Pengunjung:
  • 93Pengunjung hari ini:
  • 205Pengunjung kemarin:
  • 1Pengunjung online:
  • January 1, 2019Statistik terhitung sejak: