Dieng Culture Festival (DCF) menjadi agenda tahunan yang masuk dalam kalender event Wonderful Indonesia. Dieng Culture Festival pernah mendapat penghargaan Anugerah Pesona Indonesia pada tahun 2018. Event ini selalu ditunggu oleh wisatawan, ditenggah pandemi DCF hadir untuk mengobati kerinduan secara virtual. Pada tahun 2020 merupakan penyelenggaraan DCF yang ke XI, yang diselenggarakan 16-17 September 2020 di Rumah Budaya Komplek museum kailasa. Ditengah pendemi, Dieng Culture Festival hadir secara virtual untuk mengobati kerinduan DCF.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono resmi membuka DCF ke XI Virtual pada Rabu, 16 September 2020 di Rumah Budaya Dieng Banjarnegara. Dalam sambutannya beliau menyampaikan wisatawan dapat mengikuti event ini secara virtual melalui livestreaming. Usai membuka acara DCF 2020, beliau ikut serta dalam aksi tanam pohon sebagai rangkaian acara.

Berbagai rangakian acara DCF 2020 antara lain aksi dieng bersih, minum purwaceng bareng, pentas seni budaya, Aksi Tanam pohon, webinar budaya dan lingkungan , jazz atas awan dan puncak acara pemotongan rambul gimbal.

Usai acara Aksi tanam Pohon, rangkaian acara Virtual DCF selanjutnya yaitu Webinar bersama Wakil Bupati Banjarnegara (Bp. Syamsudin), Ketua Pokdawris Dieng Pandawa (Alif Fauzi), Puspar UGM(Destha Titi R). Webinar yang diselenggarkan di rumah budaya Dieng Banjarnegara pada Rabu, 16 September 2020 membahas tentang Budaya dan lingkungan dalam pariwisata berkelanjutan,serta kilas balik perjalanan Dieng Culture Festival. Masyarakat mengikuti Webinar ini melalui live streaming YouTube atau link dieng.mice.id.

Malam hari dilanjutkan dengan Jazz atas awan menjadi salah satu rangkaian Dieng Culture Festival yang selalu ditunggu dan dinantikan wisatawan sembari menikmati dinginnya dieng dengan alunan lagu yang dibawakan para musisi. Pada tahun 2020, Jazz atas awan DCF XI diselengarakan (16/9/2020) di komplek rumah budaya Dieng Banjarnegara. Para penjemput kerinduan Jazz atas awan DCF menikmati acara tersebut secara virtual.

Prosesi pemotongan rambut gembel merupakan puncak acara Dieng Culture Festival 2020 yang dilaksanakan secara virtual. Ritual pemotongan rambut gembel digelar Kamis, 17 September 2020 di komplek rumah budaya Dieng Banjarnegara dan ikuti 3 anak bajang yaitu Atika Nur Laila yang meminta buntil dan bakso, Reli Juliyanti yang meminta HP, Dea Maulana Safira yang meminta kalung dan tablet. Usai pemotongan, rambut gembel yang sudah dipotong tersebut dilarung di telaga Balekambang Dieng Banjarnegara




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Kategori : budaya, Dieng
Keyword :


Statistik Pengunjung

  • 1868670Total halaman dikunjungi:
  • 170Halaman dikunjungi hari ini:
  • 385Halaman dikunjungi kemarin:
  • 941507Total Pengunjung:
  • 80Pengunjung hari ini:
  • 196Pengunjung kemarin:
  • 1Pengunjung online:
  • January 1, 2019Statistik terhitung sejak: