pemotongan rambut gimbalBanjarnegara (ANTARA News) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, menyiapkan pergelaran “Dieng Culture Festival 2011″ sebagai salah satu hiburan di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng.

“Acara ini merupakan agenda kegiatan tahunan kita dalam rangka memromosikan potensi pariwisata khususnya wisata budaya di Dataran Tinggi Dieng, yang akan diselenggarakan pada tanggal 1-3 Juli 2011,” kata Kepala Dinbudpar Kabupaten Banjarnegara, Suyatno, di Banjarnegara, Senin.

Dalam hal ini, kata dia, festival tersebut akan menampilkan berbagai kesenian dan budaya khas Dataran Tinggi Dieng termasuk pameran hasil kerajinan masyarakat setempat.

“Inti acara ini sebenarnya ruwatan anak-anak berambut `gimbal` (gembel, red.) yang tinggal di Dataran Tinggi Dieng,” katanya.

Menurut dia, ruwatan dilakukan dengan memotong rambut “gimbal” agar anak-anak tersebut sehat dan rambutnya bisa tumbuh normal.

Kendati sebuah kegiatan tahunan, dia mengatakan, acara “Dieng Culture Festival 2011″ ini diharapkan dapat memulihkan kepariwisataan Dataran Tinggi Dieng pascabencana gas beracun (CO2) yang dikeluarkan Kawah Timbang.

Ia mengatakan, pemberitaan mengenai bencana gas beracun Kawah Timbang berakibat pada penurunan jumlah kunjungan wisatawan ke Dataran Tinggi Dieng.

“Padahal Kawah Timbang bukan daerah tujuan wisata dan lokasinya pun jauh dari kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng. Oleh karena itu, kami berharap acara tersebut dapat memulihkan kepariwisataan Dataran Tinggi Dieng,” katanya. (ANT/K004)

sumber : Antara




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Kategori : budaya
Keyword : , ,


Statistik Pengunjung

  • 1667320Total halaman dikunjungi:
  • 115Halaman dikunjungi hari ini:
  • 652Halaman dikunjungi kemarin:
  • 849419Total Pengunjung:
  • 23Pengunjung hari ini:
  • 172Pengunjung kemarin:
  • 1Pengunjung online:
  • January 1, 2019Statistik terhitung sejak: