Pengenalan Daya Tarik Wisata melalui Live In ke Desa Wisata Bagi Remaja Jawa Tengah

Session 1: Penyampaian Materi oleh Narasumber

Banjarnegara, 9 juni 2012 – Sabtu pagi sekitar tiga puluh lima remaja perwakilan duta wisata dari masing-masing daerah di Jawa Tengah berkumpul di Waterpark Hotel Surya Yudha Banjarnegara. Tamu-tamu dari beragam daerah ini terlihat antusias mengikuti kegiatan Live In yang diselenggerakan di Banjarnegara. Ibu Martini selaku ketua seksi Pengembangan Sumber Daya Manusia, Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi, membuka kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari ini.

Kegiatan Live-In ini memiliki tujuan utama untuk memperkenalkan desa wisata kepada remaja di Jawa Tengah, tempat yang ditunjuk sebagai tuan rumah adalah Banjarnegara dengan beragam wisatanya yang mempesona. Tujuan lain dari kegiatan ini beberapa diantaranya adalah menyukseskan event Visit Jateng 2013 yang telah memasuki tahap promosi serta memperkuat silaturahmi antar duta wisata dari beragam daerah di Jawa Tengah. Selain itu, duta wisata diharapkan dapat berpartisipasi secara penuh dalam penyelenggaraan Visit Jateng di tahun 2013 nanti.

Setelah beristirahat cukup untuk meregangkan otak dan badan yang penat, peserta Live-In mengikuti materi dari Bapak Eko yang merupakan dosen Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga tentang bagaimana sebuah event besar ini akan berhasil, salah satunya karena kerja tim yang solid. Disela-sela materi, diselipi sebuah game yang menguji bahwa sebuah komunikasi sangat penting dalam kelompok. Game ini justru sebaliknya, tidak mempergunakan komunikasi dalam pelaksanaannya. Game ini menjadi sarat makna karena mengajarkan kita bahwa tanpa tolong-menolong dan komunikasi yang intensif tidak akan membuahkan hasil maksimal. Pelajaran yang dapat diambil dari materi yang disampaikan di Balai Serayu, Waterpark Hotel Surya Yudha hotel ini dirangkum dalam sebuah quote berbunyi “Together Everyone Achieve More”. Tim yang solid akan menciptakan harmonisasi yang luar biasa dalam kegiatan apapun.

Materi lain disampaikan oleh Bapak   Supomo sebagai bagian dari anggota Pengembangan SDM Dinporabudpar Provinsi tentang rangkaian rencana kegiatan dalam Visit Jateng 2013. Dieng Culture Festival masuk kedalam satu diantara kegiatan besar yang akan diselenggarakan di Dieng Plateau pada akhir Juni ini. Selain itu, Bapak Pomo juga menghaturkan arti penting seorang Duta Wisata dalam mendukung Visit Jawa Tengah 2013 sebagai salah satu pelaku Sadar Wisata di kalangan masyarakat. Duta Wisata diharapkan mampu mewujudkan Sapta Pesona sebagai Kearifan Budaya Masyarakat Indonesia.

Ermaya Widyastuti




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Kategori : Seputar Banjarnegara
Keyword : ,


Statistik Pengunjung

  • 1931954Total halaman dikunjungi:
  • 158Halaman dikunjungi hari ini:
  • 449Halaman dikunjungi kemarin:
  • 965963Total Pengunjung:
  • 74Pengunjung hari ini:
  • 254Pengunjung kemarin:
  • 5Pengunjung online:
  • January 1, 2019Statistik terhitung sejak: