Dieng, 11 September . Warga Bali yang tergabung dalam Paguyuban Sekehe Astiti Rahayu “RSI” Markandya Gunung Sari Artha akan melaksanakan ritual upacara Agung dengan nama ” Tawur Labuh Gentuh” di Kawah Sikidang Dieng, Banjarnegara,Jum’at 4 oktober 2013 mendatang.

Ketua Panitia Mangku Alit Ngurah Artha menjelaskan, ritual upacara akan dimulai jam 11.00 acara didahului dengan Tawur Agung Labuh Gentuh, kemudian menghaturkan Panca Datu Ring Kawah Sikidang dan di akhiri sembahyang bersama.

menurutnya upacara ini memiliki makna untuk mengembalikan unsur – unsur negatif kembali ke asal muasalnya sehingga dapat membawa dampak yang positif

Bumi yang kita pijaki sekarang sudah semakin tua tentunya banyak hal – hal yang berunsur negatif di dalamnya, maka kita berusaha untuk menetralisir hawa negatif itu dan mengembalikan ke asalnya sehingga terwujud kehidupan yang lebih baik menuju kemakmuran alam beserta isinya dan kedamaian seluruh umat manusia, katanya.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kebudyaan dan Pariwisata , Aziz Achmad S. Sos menyatakan bahwa upacara / ritual ini merupakan bagian dari kunjungan wisata warga Bali sekaligus melaksanakan ziarah ke tanah leluhur masyakat Bali yakni di Bumi Dieng. Upacara kali ini merupakan ritual ke tiga kalinya yang dilaksanakan di Dieng, dan menrutnya ini bisa dijadikan sarana promosi pariwisata khususnya mempromosikan Dieng. Masyarakat Dieng sejauh ini memahami dan dapat menerima kegiatan sebagai bagian dari paket wisata lanjutnya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Kategori : Seputar Banjarnegara
Keyword : , , , , , ,


Statistik Pengunjung

  • 1931950Total halaman dikunjungi:
  • 154Halaman dikunjungi hari ini:
  • 449Halaman dikunjungi kemarin:
  • 965961Total Pengunjung:
  • 72Pengunjung hari ini:
  • 254Pengunjung kemarin:
  • 3Pengunjung online:
  • January 1, 2019Statistik terhitung sejak: