sadran 2014Upacara tradisi Sadran Gedhe diadakan setiap tahun oleh masyarakat daerah Gumelem, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara. Tradisi ini dilaksanakan setiap senin atau kamis terakhir dibulan sya’ban sebagai acara menyambut datangnya bulan Ramadhan. Tahun ini. Serangkaian acara Sadran Gedhe sudah berlangsung sejak senin malam 23 Juni 2014, yaitu dengan diadakannya Uyon-Uyon. Selanjutnya berturut-turut setiap malamnya diadakan Pengajian Akbar dan pemutaran film oleh bioskop keliling.

Setelah serangkaian agenda itu, hari kamis, 26 Juli 2014 menjadi puncak acara Sadran Gedhe. Sekitar pukul 09.00, semua peserta Kirab Sadran Gedhe dengan menggunakan busana Jawa sudah berkumpul di depan Balai Desa. Diantara dari mereka ada yang membawa gunungan hasil bumi serta tenong berisi makanan yang nantinya akan dimakan bersama-sama setelah proses sadran selesai.

Kirab diawali dari depan balai desa Gumelem Wetan berjalan menuju ke makam Ki Ageng Gumelem. Diantara iring-iringan tersebut, ada Wakil Bupati Banjarnegara, Camat Susukan, Kepala Desa Gumelem Wetan dan Kulon, serta instansi terkait dilingkungan Pemkab Kabupaten Banjarnegara.

Sesampainya di makam Ki Ageng Gumelem, beberapa pesera kirab ada yang melanjutkan perjalanan menuju Petilasan Ki Ageng Giri yang letaknya berada dipuncak bukit. Sesampainya disana, rombongan langung melaksanakan dzikir dan doa bersama.

Setelah selesai, rombongan kembali turun menuju makam Ki Ageng Gumelem. Disana rombongan kembali melaksanakan dzikir dan doa bersama. Setelah itu, acara diakhiri dengan makan bersama tenong yang sudah dibawa tadi. (oleh Ahmad Fathul Amin/Penyuluh Budaya Banjarnegara)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Kategori : Seputar Banjarnegara
Keyword :


Statistik Pengunjung

  • 1931968Total halaman dikunjungi:
  • 172Halaman dikunjungi hari ini:
  • 449Halaman dikunjungi kemarin:
  • 965970Total Pengunjung:
  • 81Pengunjung hari ini:
  • 254Pengunjung kemarin:
  • 0Pengunjung online:
  • January 1, 2019Statistik terhitung sejak: