Banjarnegara, 12 Juli. Berwisata di pekan lebaran nampaknya sudah menjadi trend di masyarakat kita. Sebagian besar obyek wisata di Indonesia diperkirakan mulai ramai pada Lebaran hari kedua hingga akhir pekan ini.
Jika Anda berminat membawa keluarga termasuk anak-anak berekreasi di obyek wisata, berikut kiat-kiat yang perlu Anda perhatikan:

1. Pilihan Obyek Wisata .
Jangan nekat untuk merancang jadwal wisata ke beberapa obyek wisata dalam satu hari. Fokuskan saja satu tempat selama seharian. Cari obyek wisata yang dekat dengan tempat Anda tinggal atau menginap.
Pilih obyek wisata yang kira-kira akan membuat Anda dan keluarga sibuk seharian di satu tempat itu tanpa merasa bosan. Mudah saja untuk memilihnya, tempat wisata yang luas biasanya menawarkan berbagai wahana maupun fasilitas untuk dimainkan dan dilihat. Contohnya adalah taman wisata, taman bermain, waterpark, dan kebun binatang. Alternatif lain adalah agrowisata, wisata pantai, dan wisata gunung.
Bisa juga wisata sejarah dengan kunjungan ke museum. Namun sebaiknya pilih yang merupakan kawasan kota tua, sehingga hanya dengan berjalan kaki dapat mengunjungi banyak tempat.

2.Diskusikan dengan anak.
Tentukan tempat wisata bersama anak Anda. Libatkanlah si kecil dalam menentukan obyek wisata yang akan dikunjungi. Apalagi jika si kecil sudah berusia lima tahun ke atas.
Utarakan bahwa Anda dan keluarga hanya bisa mengunjungi satu tempat saja. Jelaskan dengan terperinci masing-masing pilihan obyek wisata, apa saja yang akan ia temukan di sana, permainan apa saja, maupun cara menuju ke sana.
Ungkapkan pula perjalanan menuju obyek wisata tersebut. Berapa lama waktu perjalanan yang akan ditempuh menuju obyek wisata dan kondisi jalan apakah macet atau tidak. Selain itu, buat perjanjian jam keberangkatan menuju obyek wisata dan juga jam pulang.

3.Kendaraan pribadi atau kendaraan umum?
Jika obyek wisata pilihan dekat dengan rumah atau tempat menginap, serta mudah dijangkau, maka naik saja transportasi umum. Kemudahan bisa diukur dengan ketersediaan transportasi umum menuju lokasi obyek wisata.
Selain memang bisa diakses oleh transportasi umum, sebaiknya perhitungkan juga rutenya. Bila dapat ditempuh hanya dengan satu kali naik transportasi umum, maka masih bisa dianggap mudah dijangkau.
Hindari menuju obyek wisata dengan harus menyambung beberapa kali transportasi umum. Apalagi jika Anda membawa anak-anak. Bisa-bisa si kecil keburu capai sebelum sampai obyek wisata.

Dengan naik transportasi umum, Anda tidak direpotkan urusan parkir serta macetnya akses menuju obyek wisata. Namun, dengan membawa kendaraan pribadi, Anda tidak merasa repot saat membawa barang-barang keperluan.

4.Datang pagi-pagi sekali.
Semakin siang, obyek wisata akan semakin ramai. Oleh karena itu, kenali jam berapa obyek wisata pilihan Anda tersebut buka. Datang saja pagi-pagi sesaat sebelum obyek wisata buka, sekitar lima menit sebelum jam buka.

5.Bawa makanan dan minuman.
Di obyek wisata seperti kebun binatang dan taman wisata, tempat makan seperti warung dan restoran banyak tersedia. Hanya saja di jam makan siang, ramainya bukan main.
Bisa-bisa Anda keburu kelaparan sebelum mendapat tempat. Oleh karena itu, bawa saja bekal makanan dari rumah. Selain Anda juga bisa menghemat pengeluaran untuk makan, sebab beberapa tempat wisata menjual makanan dengan harga yang mahal.
Bawa juga makanan-makanan ringan untuk dimakan di sore hari atau saat beristirahat sejenak. Minuman sudah pasti, bawa air mineral botolan secukupnya. Jika Anda datang berlima, maka bawa minimal lima botol air minum.
Minumlah sebanyak-banyaknya untuk menghindari dehidrasi. Terutama si kecil yang keasyikan bermain, seringkali lupa minum. Jangan lupa membawa tisu dan sabun tanpa dibilas antiseptik untuk tangan.
(bersambung)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Wisata ini ditulis pada 12 July 2015 oleh wied

Recent Comments

Chaerudin: semoga pariwisata tetap jalan pandemik cepat berla...
Younie: Saya puji nur Wachyuni ALamat Penaraban, Karangsar...
Niat: Nanya dong.... Kapan Feskola Klampok di adakan la...
Tourwiz: Sukseskan terus acara DCF ini ,Sukset buat pariwis...
Fitriaanggiani: Mahaira dukung tante dini no 24..semangat ya...
Yudi Subiyanto, ST.: Don't give up, mrs Dini...
Novyandha: Nomer 2 semoga dilancarkan...
Puspo Ery: Nomer 12 Leony....yesss....go go gooo...... 💪...
Eva karlina: No. 2 donkkkk....syantickkkk yurisadensi...
Juarti: Andi@29.....kita dukung kamu...semangat utk jadi j...

Statistik Pengunjung

  • 2578243Total halaman dikunjungi:
  • 347Halaman dikunjungi hari ini:
  • 463Halaman dikunjungi kemarin:
  • 1409217Total Pengunjung:
  • 298Pengunjung hari ini:
  • 429Pengunjung kemarin:
  • 7Pengunjung online:
  • January 1, 2019Statistik terhitung sejak: