BANJARNEGARA: Festival Domba sebagai event pendukung Dieng Culture Festival (DCF) IX 2018 yang di laksanakan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Banjarnegara, dikunjungi banyak wisatawan di helat pada hari ke dua bertempat di lapangan Soeharto Withlam Dieng Banjarnegara 4 Agustus 2018.

Banyak wisatawan yang merasa penasaran tentang apa dan bagaimana domba di festivalkan seperti yang diungkapkan oleh wisatawan asing asal Belanda Rodney yang sengaja hadir bersama keluarganya untuk melihat event DCF.

Festival Domba di laksanakan dengan dua kategori yaitu kategori Kontes Domba dan cara mencukur bulu/woll domba. Adapun kontes domba dengan persyaratan khusus yaitu gigi sudah tanggal satu kali/powel (jawa) dan sudah pernah beranak untuk jenis domba Batur betina dan kebersihan domba. Adapun kategori pencukuran bulu/woll domba adalah ketangkasan, kecepatan dan kerapihan.

Hadir pada acara tersebut Dirjen Peternakan dan Kesehatan hewan (I Ketut Diar Mitha). Bupati Banjarnegara (Budhi Sarwono) dalam sambutanya menyampaikan bahwa domba Batur sudah di akui secara Nasional sebagai ternak asli Kabupaten Banjarnegara sesuai dengan Keputusan Menteri Pertanian RI NO. 352/Kpts/KP.040/6/2015 bahwa Kabupaten Banjarnegara telah ditetapkan sebagai wilayah sumber bibit domba Batur, hal ini sebagai plasma nutfah yang harus di lestarikan dan dikembangkan.

Pada kesempatan yang sama juga menyampaikan akan mewujudkan lima misinya dalam kurun waktu lima tahun kedepan untuk mewujudkan pembangunan daerah yang berkesinambungan dan berbasis pengembangan ekonomi kerakyatan prioritasnya pada infrastruktur, sektor pariwisata dan sektor pertanian.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Kategori : Dieng
Keyword :


Statistik Pengunjung

  • 1872803Total halaman dikunjungi:
  • 17Halaman dikunjungi hari ini:
  • 238Halaman dikunjungi kemarin:
  • 943202Total Pengunjung:
  • 15Pengunjung hari ini:
  • 134Pengunjung kemarin:
  • 0Pengunjung online:
  • January 1, 2019Statistik terhitung sejak: