Mulai Tanggal 5 Nopember 2019, di Komplek Candi Arjuna Dataran Tinggi Dieng dan Museum Kailasa diperdengarkan lagu-lagu Nasional dan Daerah. Tujuan dari pemutaran lagu-lagu tersebut tidak lain untuk menggugah rasa kebangsaan kepada  setiap wisatawan yang berkunjung ke Komplek Candi Arjuna dan Museum Kailasa. Selain itu juga memupuk rasa cinta Tanah Air Indonesia, selaras dengan adanya candi-candi yang berada di Dataran Tinggi Dieng, agar dapat selalu terjaga, terawat dan bermanfaat bagi masyarakat.

Lagu-lagu tersebut diperdengarkan dipagi hari dan sore hari. Untuk hari biasa,  pada pagi hari di mulai dari pukul 07.00 sampai pukul 08.00 WIB sedang pada sore hari diperdengarkan dari pukul 15.00 s/d pukul 16.00 WIB. Untuk Hari Libur, Sabtu dan Minggu pemutaran lagu-lagu untuk pagi masih sama tetapi untuk sore  hari dari pukul 16.00 s/d pukul 17.00 WIB.

Lagu-lagu yang dipilih merupakan lagu nasional dan daerah yang beraransemen klasik, hal ini  selaras  dengan Candi-Candi yang berasal dari masa klasik, Candi-candi di  Dieng merupakan peninggalan Dinasti Sanjaya Kerajaan Mataram Kuno dari Abad VIII s/d Abad XII M. Lagu Nasional yang dipilih yaitu Indonesia Pusaka, Tanah Airku, Rayuan Pulau Kelapa, Untukmu Indonesiaku, Soleram, Rasa Sayange, O Inani Keke, Gending Sriwijaya dan instrumental lagu Rayuan Pulau Kelapa dan Tanah Airku. Untuk lagu-lagu daerah, ke depannya akan ditambah lagi, tetapi dipilih lagu-lagu daerah yang beraransemen  klasik ataupun tradisional.  Aransemen musik klasik membuat lagu-lagu tersebut terasa lebih  syahdu di dengar wisatawan sambil menikmati keajaiban budaya di Negeri Atas Awan Dieng (aryadi, 2019)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Kategori : Dieng, Wisata
Keyword : ,


Statistik Pengunjung

  • 1931838Total halaman dikunjungi:
  • 42Halaman dikunjungi hari ini:
  • 449Halaman dikunjungi kemarin:
  • 965923Total Pengunjung:
  • 34Pengunjung hari ini:
  • 254Pengunjung kemarin:
  • 0Pengunjung online:
  • January 1, 2019Statistik terhitung sejak: