Banjarnegara: Pariwisata merupakan sektor yang paling efektif untuk mendongkrak penguatan ekonomi masyarakat. Banjarnegara merupakan bagian penting dalam pengembangan sektor pariwisata alasannya karena sumber daya yang dibutuhkan untuk mengembangkan pariwisata ada di kota dawet ayu, dari panorama alam yang indah dengan daya tarik yang apik, ragam seni budaya, hasil industri kerajinan yang khas sampai peninggalan situs bangunan peradaban masa lampau yang menjadi magnet wisatawan.

Selain sumber daya Alam (SDA), sumber daya yang dimaksud Sumber Daya Manusia (SDM) anatara lain kepiawaian dan sinergitas para pelaku dan pengelola usaha pariwisata untuk mendukung tumbuh dan berkembangnya pariwisata Banjarnegara menjadi daerah tujuan wisata di Jawa Tengah.

Kondisi ini memantik para pelaku usaha pariwisata yang tergabung dalam komunitas “PUSPABARA” (Pelaku Usaha Pariwisata Banjarnegara) yang belum lama ini telah terbentuk yang beranggotakan dari beberapa unsur antara lain Pengelola Daya Tarik Wisata (DTW), Biro Perjalanan Wisata (BPW), unsur perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Pusat Oleh-oleh Banjarnegara, Operator Jeep wisata dan pelaku usaha hiburan, telah menggelar Silaturahmi Komunitas Puspabara yang dihadiri Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kabid Kelembagaan dan SDM, di saung bambu D’Jos rafting Sigaluh Banjarnegara, 17/12/2020.

Drs. Agung Yusianto, M.Si Kadisparbud Banjarnegara dalam pertemuan tersebut menyampaikan apresiasi sekaligus memberi stresing pada Puspabara. ” Saya mengapresiasi atas semangat teman – teman para pelaku usaha pariwisata Banjarnegara dengan terbentuknya PUSPABARA, temen-temen semua harus bisa merumuskan action kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan. yang perlu diingat sauadara sekalian bermain di dunia bisnis namun saya minta jangan egois. ujarnya”. Agung Yusianto juga mengajak para anggota Puspabara untuk memperkenalkan semua potensi pariwisata termasuk produk – produk pariwisata Banjarnegara dan mengenalkan akses ke Dieng Banjarnegra melalui jalur baru lewat Plipiran Limbangan – Pagentan – Batur disamping jalur Karangkobar – Pejawaran – Batur.

PUSPABARA di nakodai Fajar Sodik dari unsur unsur Biro Perjalanan Wisata dalam perbincanganya menyampaikan rasa optimis untuk meramaiakan pariwisata Banjarnegara.”walaupun PUSPABARA masih baru namun semangat temen – temen pelaku usaha pariwisata Banjarnegara mempunyai tekad akan memajukan pariwisata Banjarnegara dan akan ikut andil dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banjarnegara, seperti yang tertuang dalam misi Puspabara yaitu sinergitas antar pelaku usaha pariwisata dengan dinas terkait untuk memajukan dan memasarkan potensi wisata Banjarnegara. ujarnya.
Puspabara saat ini beranggotakan baru 30 orang dan masih dilakukan pendataan, nantinya dari bebrapa unsur kurang lebih 150 – 200 orang anggota.imbuhnya. (dien’s-20)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Kategori : Seputar Banjarnegara
Keyword :


Statistik Pengunjung

  • 1931984Total halaman dikunjungi:
  • 188Halaman dikunjungi hari ini:
  • 449Halaman dikunjungi kemarin:
  • 965978Total Pengunjung:
  • 89Pengunjung hari ini:
  • 254Pengunjung kemarin:
  • 3Pengunjung online:
  • January 1, 2019Statistik terhitung sejak: