PARIWISATA: Proses pembuatan boardwalk Kawah Sikidang telah rampung pembangunannya dan telah diresmikan oleh Bupati Banjarnegara 1 Januari 2021.

Tepat di area gerbang masuk lokasi wisata Kawah Sikidang, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono membuka tirai logo branding pariwisata The Heart of Central Java sebagai tanda diresmikannya proyek pembangunan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng Banjarnegra Tahun 2020. Bupati didampingi Sekretaris Daerah (Drs. Indarto, M.Si), Kadisparbud (Drs. Agung Yusianto, M.Si), beberapa pejabat Pemda dan Forkompinca Batur.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono dalam sambutanya menyampaikan bahwa pada tahun 2020 Kabupaten Banjarnegara mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pariwisata dari Pemerintah Pusat senilai 5 milyar untuk peningkatan pariwisata dan dipergunakan untuk penambahan fasilitas di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng, hal ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Daerah dalam memajukan pariwisata, pembangunan ini mempunyai tujuan menjadikan kawasan wisata Dieng lebih maju unggul, meningkatkan kunjungan wisatawan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menghidupkan industri pariwisata di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng Banjarnegara.

Saya pesan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk bersama menjaga fasilitas yg telah dibangun oleh Pemerintah dengan mewujudkan gerakan Sapta Pesona dengan melakukan Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keamanan, Kesejukan, Keindahan, Ramah Tamah dan Kenangan.

Saya yakin dengan terwujudnya Sapta Pesona Kawasan Wisata Dieng Banjarnegara akan menjadi unggul dan menjadi tujuan utama dalam berwisata. imbuhnya.

Dalam acara tersebut Kepala Disparbud Drs. Agung Yusianto, M.Si melaporkan bahwa pada tahun 2020 Kabupaten Banjarnegara mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pariwisata yang digunakan untuk Pengembangan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng yaitu:

  1. Pembangunan Boardwalk Kawasan
    Kawah Sikidang senilai Rp. 1.267.544.000,-
  2. Penataan Lansekap Kawah Sikidang
    senilai Rp. 1.364.000.000,-
  3. Pembangunan Pergola di Kawasan
    Kawah Sikidang dan Candi Arjuna
    senilai Rp. 1.174.344.930,-
  4. Pembangunan Jalur Pejalan Kaki di
    Komplek Candi Arjuna senilai
    1.079.715.000,- serta
  5. Pembuatan Rambu Rambu Petunjuk
    Arah (Signage) di Kawasan obyek
    wisata senilai Rp. 74.250.000,- ”
    jelasnya.

” Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam kurun waktu 75 (tujuh puluh lima hari kalender) dimulai pada tanggal 28 September 2020 dan berakhir pada tanggal 11 Desember 2020 ” imbuhnya

Agung juga menyampaiakan selain penambahan fasilitas juga ada Tagline baru yaitu Javanese Hell Valley sebagai bagian dari mitos Kawah Sikidang. (dien’s – 21)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Kategori : Dieng
Keyword :


Statistik Pengunjung

  • 1931971Total halaman dikunjungi:
  • 175Halaman dikunjungi hari ini:
  • 449Halaman dikunjungi kemarin:
  • 965971Total Pengunjung:
  • 82Pengunjung hari ini:
  • 254Pengunjung kemarin:
  • 2Pengunjung online:
  • January 1, 2019Statistik terhitung sejak: