PARIWISATA: Kabupaten Banjarnegara merupakan surganya swafoto ditelisik dari berbagi sudut, hampir diseluruh Desa memiliki keunikan dan daya tarik wisata alam dan budayanya maka tak salah kalau kota Dawet Ayu di juluki Jantung wisatanya Jawa Tengah (the heart of central java).

Dari ratusan keunikan daya tarik wisata salah satu diantaranya air terjun / Curug Genting yang menjulang setinggi kurang lebih 70 m dan gemuruh Curug Mrawu dengan ketinggian kurang lebih 60 m, dimana kedua curug mengapit Curug Gita satu satunya curug yang memiliki sumber air panas di Kecamatan Pejawaran.

Tiga surga air ini kita jumpai di Dusun Mliken Desa Giritirta yang pernah menjadi primadona wisatawan pada tahun 2012 an, berawal dari hal ini Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis Dewi Gita) menggeliat bertekad untuk berbenah memoles obyek wisata Surga Air Giitirta yang saat ini sudah mulai tahap pembuatan desain hal ini guna menyedot wisatawan kembali.

Membangun sinergitas dan kerja keras rupanya menjadi moto dan telah terpatri para pejuang parwisata Desa Giritirta Kecamatan Pejawaran, hal ini mendapat apresiasi para pemangku kebijakan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara Drs. Agung Yusianto, M.Si, di dampingi Camat Pejawaran (Anang Sutanto, S.STP,M.Si), Kepala Desa (Eri Yuliyanti), Sekretaris Desa (Megawati) Ketua Pokdarwis (Herry) dan segenap anggota Pokdarwis Dewi Gita Desa Giritirta bertandang mengunjungi dan melihat langsung kondisi daya tarik wisata sumber sungai mrawu yang merupakan anak sungai Serayu, Rabu 20 Januari 2021.

Kadisparbud Agung diarea obyek wisata menyampaikan “tiga sumber air ini sebagai ikon dan seolah surganya air Giritirta, maka obyek ini saya branding namanya Zagita (Zurga Air Giritirta), kami Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mempunyai kewajiban dalam peningkatan kapasitas SDM para pengelola obyek wisata juga Kelompok Sadar Wisata, karena pariwisata semakin dikelola semakin mensejahterakan masyarakat, mengelola pariwisata harus bernafas panjang, tidak mengenal putus asa selalu update dan menjaring sinergitas apalagi obyek ini berdekatan dengan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng”. Ujarnya.

Agung juga berharap semua daya tarik wisata di Kabupaten Banjarnegara bisa menjadi penopang Destinasi Dieng sehingga akan lebih banyak masyarakat yang mengambil manfaat dari keberadaan daya tarik wisata tersebut.

Dalam kesempatan yang sama Camat Pejawaran Anang mengapresiasi para anggota Kelompok Sadar Wisata, Kepala Desa beserta perangakat dan masyarakat Desa Giritirta “saya sangat salut atas semangat dan tekad temen – temen semua, mari kita tingkatkan kreatifitas untuk kemakmuran kita bersama dan saya berharap keberlanjutan dan konsisten dalam membangun sebuah daya tarik wisata, harapnya.

Kepala Desa Giritirta Eri Yuliyanti dalam suaasana romantis berujar bahwa Panorama alam pegunungan Pejawaran dengan daya tarik Tiga curug atau air terjun sebagai sumber Sungai Mrawu merupakan anak Sungai Serayu yang mengalir sampai samudera Hindia, ada yang menarik diantara Curug Genting, Curug Gita dan Curug Mrawu karena oleh masyarakat dipercaya bisa mengobati penyakit kulit dan rematik yaitu Curug Gita yang airnya panas. Katanya (Dien’s-21)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Kategori : Wisata
Keyword :


Statistik Pengunjung

  • 1931958Total halaman dikunjungi:
  • 162Halaman dikunjungi hari ini:
  • 449Halaman dikunjungi kemarin:
  • 965965Total Pengunjung:
  • 76Pengunjung hari ini:
  • 254Pengunjung kemarin:
  • 2Pengunjung online:
  • January 1, 2019Statistik terhitung sejak: